Sunday, November 24, 2013

Nina Astaria - Aku Hadir Lagi


Judul Album : Aku Hadir Lagi
Artis : Nina Astaria
Tahun Produksi : 1987
Music Director : Elfa Secioria
Produser : Sutjipto DJ
Produksi : Cipto Records
Distributor : Kings Indonesia

Menjadi penyanyi ternyata tidak sekedar bisa menyanyi atau memiliki fisik yang oke sebagai daya tarik penjualan. Masalah nama ternyata juga memegang peranan penting. Tidak heran nama-nama para penyanyi diupayakan seindah dan semenarik mungkin serta tentu mudah diingat, sehingga kemudian timbul istilah 'nama komersil'. Jadi ketika muncul album AKU HADIR LAGI dari seorang penyanyi baru bernama NINA ASTARIA, publik banyak yang mengira bahwa yang 'hadir' adalah penyanyi lain yang sudah eksis duluan bernama NIA ASTARINA. Perbedaan penempatan huruf N dari dua nama ini memang 'menyesatkan' dan boleh jadi membingungkan. Sebelumnya sempat ada IIS SUGIANTO dan IIS SUGARTI, tapi meskipun mirip masih bisa dibedakan, terlebih sosok IIS SUGIANTO sudah sangat menjulang sehingga ketika muncul IIS SUGIARTI sudah tentu sangat bisa dibedakan. Sementara kepopuleran NIA ASTARINA belum selevel Iis Sugianto, sehingga ketika sosok NINA ASTARIA muncul, nyaris tidak bisa dibedakan diantara keduanya. Satu-satunya yang boleh jadi bisa menjadi pembeda adalah pilihan jenis musik. NIA muncul di genre pop melankolis, sementara kehadiran awal NINA langsung ditangani oleh ELFA SECIORIA yang tentu berbeda jalur musik dengan Nia. Lagu AKU HADIR LAGI sempat menjadi radio hits meskipun belum berhasil mencapai penjualan tinggi. Nama NINA juga boleh jadi tidak sempat terangkat karena masalah kemiripan nama dengan NIA sehingga sering tertukar. Terlebih, setelah album ini, NINA beralih musik ke genre pop melankolis sehingga namanya makin samar dengan Nia. Mungkin keadaannya akan berbeda kalau saja NINA memakai nama belakang lain yang bukan ASTARIA. 

Track List:

1. AKU HADIR LAGI
Elfa Secioria & Ingrid Widjanarko
2. MIMPI TAK BERUJUNG
Farid Harja
3. BUNGA CINTA BERSEMI LAGI
Junaedi Salat
4. AKU CINTA KAMU
Iya Hariyanto
5. DISAAT KUSENDIRI
Hermes Sihombing
6. SHA LA LA
Annie K.
7. SOMBONG
Annie K.
8. RINDU, CINTA DAN AIRMATA
Joko Sori
9. NGECENG YUK NGECENG
Adit OB
10. JATUH CINTA
Rachmat AS





AKU HADIR LAGI

Melukiskan suka hati dan bernyanyi
Kuciptakan hari ini berirama
Lagu berlagu rangkaikan kata dan nada
Semua kan menjadi indah
Meraih cita dengan berlagu

Kulepaskan jerat hati dan keinginan
Hanya satu yang ingin kuraih kini
Menjadi aku, aku hadir untuk engkau
Menghibur hati yang gulana
Meraih cita dengan berlagu
Lagu lagu..

Aku hadir menghibur hati gulana
Oh kekasihku
Aku, aku hadir
Menghibur hati gundah gulana

No comments: