Friday, August 28, 2015

Jamal Mirdad - Susan, Bukan Aku Merayu


Judul Album : Susan, Bukan Aku Merayu
Artis : Jamal Mirdad
Tahun Produksi : 1989
Music Director : Omdy
Produser : Senjaya Wijaya
Produksi : Musica Studio's

Di awal kemunculannya, JAMAL MIRDAD identik dengan lagu-lagu slow dengan cara bernyanyi menyerupai EBIET G. ADE. Kepopulerannya bahkan kemudian menjadikan inspirasi banyak penyanyi-penyanyi baru yang mengikuti gayanya, dari mulai JAMIL MIRZAD, ADE PUTRA sampai MUCHLAS ADI PUTRA. Pada perkembangan selanjutnya, Jamal justru meninggalkan trade mark nya saat album JAMILAH yang ceria berhasil mencuri perhatian pasar. Maka sejak itu namanya justru lebih mencorong di genre ini. Sempat kembali menjajal pop melankolis saat merilis DIBALIK RINDU ADA DUSTA (NATHALIA) yang juga sukses besar, tapi setelahnya Jamal kembali bereksplorasi dengan lagu-lagu riang dan jenaka. Album SUSAN, BUKAN AKU MERAYU adalah salahsatu hasil eksplorasi Jamal. Lagu ciptaan ADILUHUNG ini memang mempunyai struktur yang unik. Pada bagian song, lagu ini terdengar progresif seperti layaknya lagu-lagu pop kreatif saat itu. Begitu memasuki reffrain, melodinya berubah menjadi sangat dangdut. Maka tidak heran kalau aransemen lagu inipun digarap sesuai dengan struktur lagu. Bagian awal menghentak ala pop rock, lalu kemudian berubah menjadi pure dangdut di bagian reffrain. Unik dan segar. Aransemen yang digarap OMDY terbilang berhasil memadukan dua genre itu tanpa terkesan maksa. Lagu inipun berhasil menjadi hits meskipun memang tidak segemilang JAMILAH atau hits besar Jamal lainnya. Lagu ini dalam versi pop kemudian dirilis kembali oleh TRIO LIBELS. 

Track List:

1. SUSAN, BUKAN AKU MERAYU
Adiluhung
2. SALAMAH
Ririn S.
3. TAKDIR
Acil Pasra
4. AKU PUTERA INDONESIA
Dommy Allen
5. KENANGAN INDAH DI LERENG SEMERU
Ravelz Guchi
6. LAGU UNTUK ANAKKU
Jamal Mirdad
7. MALAM MINGGU
Jamal Mirdad
8. RINDU BERBAUR DUKA
Mien Pribadi
9. KERETA BIRU
Dadang S. Manaf
10. AKU KANGEN KAMU
Dadang S. Manaf







SUSAN, BUKAN AKU MERAYU

Susan, Susan, aduh duh..
Kau cantik dan ayu
Susan, Susan, aduh duh..
Pujaan hatiku
Susan, Susan, aduh duh..
Kau jantung hatiku
Bukan aku merayu, jadilah milikku
Kau buat aku tergila-gila padamu

Susan, Susan, aduh duh..
Kau Bidadariku
Susan, Susan, aduh duh..
Ku rindu padamu
Susan, Susan,a duh duh..
Segala untukmu
Bukan aku merayu, jadilah milikku
Kau buat aku tergila-gila padamu

Susan oh Susan, percayalah padaku
Janganlah engkau berpaling dariku
Susan oh Susan, senyumlah untukku
Kita kan bahagia bila bersatu

Jangan, jangan, jangan..
Kau bimbang dan ragu
Jangan, jangan, jangan..
Menolak cintaku...

Susan oh Susan..
Bukan aku merayu
Aku cinta padamu..

1 comment:

Anonymous said...

Mas ray
Bisa bahas THPI era 70_80an kah ?
Ingin sekali mengenang THPI.