Saturday, June 18, 2022

Nugie - Udara


Judul Album : Udara 
Artis : Nugie 
Tahun Rilis : 1998 
Music Director : ALV 
Produser : Katon Bagaskara & Nugie 
Produksi : Aquarius Musikindo

Sejak awal merilis album BUMI di tahun 1995, NUGIE memang sudah merencanakan untuk membuat album trilogi. Selepas BUMI kemudian muncul AIR tahun 1997, serta bagian terakhir dari trilogi tersebut adalah album UDARA yang dirilis tahun 1998. Sama seperti BUMI dan AIR, album UDARA juga menyajikan lagu-lagu Nugie dengan tema tentang kehidupan, alam, kemanusiaan dan cinta. Lirik-lirik puitis menyebar di hampir seluruh lagu, beberapa berkisah tentang kontemplasi dan perenungan yang dalam makna. Nugie memang jagonya untuk menulis lirik semacam ini. Musik pop rock alternatif yang disajikan Nugie bersama band-nya ALV juga tampil segar. Lagu PELUKIS MALAM tampil menjadi lagu yang paling hits di album ini, disusul PEMBUAT TEH dan sebuah lagu yang kembali bercerita tentang binatang berjudul CRAYON. Kali ini lagu tentang anjing, setelah di album BUMI ada KUCING KECIL dan di album AIR ada lagu BURUNG GEREJA. Selepas trilogi ini, Nugie memasuki fase berikutnya dengan merilis album bersama kelompoknya ALV.

Track List:

1. PEMBUAT TEH
Nugie
2. SUASANA
Nugie, Nito, Piman
3. AKU TERBANG
Nugie & Nito
4. CRAYON
Nugie & Ridho
5. CERITA AYAH
Nugie
6. MANUSIAWI
Nugie
7. PELUKIS MALAM
Nugie
8. MANUSIA PAGI
Nugie
9. DUNIA DALAM RUANG
Nugie & ALV
10. YALE YALE
Nugie










PELUKIS MALAM

Rembulan senja
Pelan muncul di ufuk barat
Aku duduk dan hanyut terbuai
Oh bintang kejora
Susul sang angin malam panjang
Aku diam dan hidup dalam nafas

Dapatkah aku melukis dikau

Wahai malam panjang
Tuntunlah penaku melukis wajahmu
Di dalam kalbu
Wahai malam panjang buailah diriku

Binatang malam lirih mengisi sunyi, damai
Aku berdiri dengan takjub
Oh langit malam
Payungi gugusan bintang kecil
Aku terpejam mengucap doa

No comments: