Saturday, March 22, 2014

Ebiet G. Ade - Aku Ingin Pulang


Judul Album : Aku Ingin Pulang
Artis : Ebiet G. Ade
Music Director : Purwatjaraka
Tahun Produksi : 1996
Produksi : Musica Studio's

Sebagai penyanyi yang sudah berhasil merilis banyak album yang semuanya tergolong sukses, EBIET G. ADE tentu mempunyai banyak hits. Sejak era 80an album THE BEST OF nya sudah banyak beredar di pasaran, sehingga bukan sesuatu yang mengherankan. Tetapi menghadirkan album The Best dengan bonus lagu baru adalah sesuatu yang baru bagi Ebiet. Sebelumnya Ebiet pernah mencoba menghadirkan album The Best dengan bonus lagu lama yang diaransemen ulang yaitu CINTA SEBENING EMBUNG dan tergolong sukses, maka di album selanjutnya sebuah lagu baru dijadikan bonus sekaligus lagu unggulan berjudul AKU INGIN PULANG. Sebuah lagu khas Ebiet tapi coba diaransemen PURWATJARAKA dengan sedikit berbeda dari patron bermusik Ebiet, salahsatunya adalah dengan hadirnya EMBONG RAHARDJO dengan saxophone-nya yang membuat lagu ini menjadi terdengar tambah manis dan sedikit bernuansa jazz. Lagu ini sukses menjadi hits besar, hingga kemudian dijadikan lagu tema dari sebuah sinetron yang juga sukses dengan judul sama. Sebagai sebuah album The Best, album ini tergolong lengkap karena menghadirkan  lagu-lagu Ebiet yang paling ngetop mulai dari CAMELIA 1, LAGU UNTUK SEBUAH NAMA, NYANYIAN RINDU, KALIAN DENGARKAH KELUHANKU, NYANYIAN KASMARAN, MENJARING MATAHARI sampai SERAUT WAJAH, tapi sayangnya tidak termasuk lagu KUPU KUPU KERTAS dari album terakhirnya saat itu. Boleh jadi karena memang terlalu banyak hits yang dihasilkan Ebiet sehingga satu album saja tidak cukup untuk merangkum semua hitsnya. Lagu AKU INGIN PULANG juga sempat dirilis dalam bahasa Inggris dengan judul I NEED TO GO HOME. 

Track List:
(semua lagu ciptaan Ebiet)

1. AKU INGIN PULANG
2. APAKAH ADA BEDANYA
3. MENJARING MATAHARI
4. KALIAN DENGARKAH KELUHANKU
5. BERITA KEPADA KAWAN
6. ISYU
7. CAMELIA 1
8. ELEGI ESOK PAGI
9. CINTAKU KANDAS DI RERUMPUTAN
10. TITIP RINDU BUAT AYAH
11. SERAUT WAJAH
12. DOSA SIAPA INI DOSA SIAPA
13. NYANYIAN OMBAK
14. UNTUK KITA RENUNGKAN
15. ORANG ORANG TERKUCIL
16. NYANYIAN KASMARAN
17. MASIH ADA WAKTU
18. SKETSA REMBULAN EMAS
19. NYANYIAN RINDU
20. LAGU UNTUK SEBUAH NAMA





AKU INGIN PULANG

Kemanapun aku pergi
Bayang-bayangmu mengejar
Bersembunyi dimanapun
Selalu engkau temukan
Aku merasa letih dan ingin sendiri

Kutanya pada siapa
Tak ada yang menjawab
Sebab semua peristiwa
Hanya di rongga dada
Pergulatan yang panjang dalam kesunyian

Aku mencari jawaban di langit
Kuseret langkah menyusuri pantai
Aku merasa mendengar suara
Menutupi jalan, menghentikan petualangan

Kemanapun aku pergi
Selalu kubawa-bawa
Perasaan yang bersalah
Datang menghantuiku

Masih mungkinkah pintuMu kubuka
Dengan kunci yang pernah kupatahkan
Lihatlah, aku terkapar dan luka
Dengarkanlah jeritan dari dalam jiwa

Aku ingin pulang…
Aku harus pulang..

3 comments:

Heri Wibowo said...

Tentu saja tidak ada lagu KUPU-KUPU KERTAS, karena album ini dirilis jauh sebelum itu. Saya lupa tahun berapa, yang jelas tahun 1993 album ini sudah ada, kakak saya punya kasetnya

reynaldi wirya said...

Sepengetahuan saya, Album AKU INGIN PULANG rilis tahun 1996 (saya cross chek ke website resmi Ebiet G. Ade juga tertulis album ini rilis tahun 1996).

Terima kasih yaaa :)

Anonymous said...

Kalau mengenai Album "Aku Ingin Pulang" memang rilis tahun 1996. Akan tetapi jauh sebelum album itu ada, lagu tersebut pernah rilis dengan judul bahasa Inggris dan dimuat dalam album kompilasi lagu lagu luar negeri pada tahun 1993. Merasa akan jadi hits, akhirnya diubahlah ke bahasa Indonesia dan jadilah album tersebut pada tahun 1996.