Friday, November 16, 2007

Utha Likumahuwa - Nada dan Apresiasi


Judul Album : Nada dan Apresiasi
Penyanyi : Utha Likumahuwa
Tahun Produksi : 1982
Music Director : Christ Kayhatu & Jopie Item 
Produksi : Granada Records

Awal tahun 80an musik Indonesia memang sedang dirajai oleh genre musik yang diusung oleh Rinto Harahap and the gank. Album dan penyanyi baru bermunculan dan rata-rata bernyanyi meratap-ratap. Hal ini membuat sekelompok musisi merasa 'terpanggil' untuk membuat album yang beda dari yang sedang disukai pasar. Mereka adalah JOPIE ITEM, CHRIST KAYHATU, EMBONG RAHARDJO, YANCE MANUSAMA, KARIM SUWEILEH dan JOKO. Mereka berkolaborasi menghadirkan album dengan warna yang beda : pop jazz. Untuk melengkapi proyek yang berjudul NADA DAN APRESIASI ini, mereka menggaet UTHA LIKUMAHUWA yang waktu itu belum mengeluarkan album. Album ini ternyata bisa diterima pasar, dan lagu andalan TERSIKSA LAGI melesat menjadi hits. Lagu ini di sampul kaset tertulis diciptakan oleh GEORGIE LEIWAKABESSY dan CHRIST KAYHATU, tapi belakangan baru terungkap kalau lagu ini ternyata adalah lagu ciptaan RAMSEY LEWIS berjudul YOU'RE THE REASON yang ditulis liriknya dalam bahasa Indonesia. Hits lain dari album ini adalah KENIKMATAN TERSENDIRI dan RAME RAME (lagu ini sempat ngetop lagi dibawakan GLENN FREDLY). Album ini sekaligus menjadi tonggak bagi kesuksesan UTHA LIKUMAHUWA.

Track List

1. TERSIKSA LAGIRamsey Lewis, Christ Kayhatu, Georgie Lewakabessy
2. KENIKMATAN TERSENDIRI
Marie Fiolle
3. PERTAMA KALIChrist Kayhatu & Youngky Alamsyah4. HANYALAH ENGKAUGeorgie Lewakabessy5. DISINI AKUYoungky Alamsyah6. F. 15Jopie Item
Instrumental
7. DENDAM & CINTA
Erns Mangalo8. ADAKAH KAU TAHU
Embong Rahardjo9. KAUMarie Fiolle10. MIMPI
Jopie Item
Instrumental
11. RAME-RAMEChrist Kayhatu




TERSIKSA LAGI

Kala surya menghilang
bulan dan bintang kan bersemi lagi
Bagaikan pelita yang datang
menyinari sukma yang dilanda lara
duka nestapa

Kala burung berkicau
mentari pagi kan datang lagi
Menghangatkan hati yang sedang
dimabuk asmara yang menyiksa raga

Di manakah
akan kucari pengganti dirimu
Entah dimana, oh dimana,
dimana, dimana lagi harus kucari

Mengapakah
diri ini harus tersiksa lagi
entah mengapa oh mengapa
mengapa, tersiksa lagi

4 comments:

Anonymous said...

Bos,
Punya lyric "Disini Aku" gak?
Pengen nyanyi lagunya euy...

pras

Anonymous said...

Lagu 'Tersiksa Lagi' lagu ini diciptakan oleh Richard Pattisellano dari Belanda, dia adalah keponakannya Oele Pattisellanno, tetapi dicuri-pakai oleh Christ Kayhatu. Ini cerita sesungguhnya, kalau mau tanya informasi tanya bung Oele saja. Richard Pattisellanno dengan grupnya Triba baru2 main di Java Jazz 2008 di Jakarta, disitu mereka juga menerangkannya tentang asal lagu itu. Saya sendiri pemain musik jazz dari Belanda dan temannya Richard dan Oele juga.

reynaldi wirya said...

thanks info-nya... tapi kalo memang benar lagu itu ciptaan Richard Pattiselano, terus Ramsey Lewis yang njiplak begitu ? soalnya kan setahu saya lagu ini adalah jiplakan dari lagu YOU ARE THE REASON punya Ramsey Lewis ?

david kz said...

mungkin waktu itu pattisellano lg kesengsem sama "you're the reason" lalu bikin tersiksa lagi. aku dengar kaset "you're the reason" duluan baru belakangan "tersiksa lagi" nongol di radio-radio