Sunday, July 11, 2021

Hetty Koes Endang - Aku Bukan Boneka


Judul Album : Aku Bukan Boneka 
Artis : Hetty Koes Endang 
Tahun Produksi : 1988 
Music Director : Joko Sori & Iwan JG 
Produksi : Musica Studio's

HETTY KOES ENDANG adalah satu dari sedikit penyanyi kita yang versatile dan mudah lebur dalam setiap genre yang dibawakan. Keistimewaannya adalah, Hetty selalu memperlakukan lagu apapun yang harus dinyanyikannya dengan totalitas sesuai kebutuhan lagu. Maka tidak heran nyaris semua album yang dihasilkannya di era 70-80an rata-rata beroleh sukses komersial. Ketika genre pop melankolis ala HATI YANG LUKA membanjiri pasaran, Hetty yang saat itu sedang berkibar dengan genre pop ceria tidak mau ketinggalan untuk merilis album di genre pop meratap-ratap ini. Alih-alih menggaet OBBIE MESSAKH yang saat itu merajai genre ini, Hetty justru memilih JOKO SORI SOERYONO untuk menciptakan lagu andalan. Dibanding Obbie, nama Joko memang belum begitu mengemuka meskipun sudah berhasil menulis lagu-lagu hits. AKU BUKAN BONEKA dipilih menjadi lagu jagoan, bercerita tentang kepasrahan seorang wanita yang harus menuruti perjodohan orang tua. Dan pilihan ini terbukti tidak salah. Reaksi pasar cukup menggembirakan, lagu ini berhasil menjadi hits dan semakin mengokohkan posisi Hetty sebagai penyanyi serba bisa yang tidak pernah 'patuh' pada satu genre saja. 

Track List:

1. AKU BUKAN BONEKA
Joko Sori Soeryono
2. DIA DI ANTARA KITA
Arche Rampengan
3. SIAPA DIA
Cherry LZ
4. DINDING DINDING KAMARKU
Iwan JG
5. TERPIKAT
Mastok D. Soemardi
6. MIMPI BIRU
Rachmat AS
7. KUTUNGGU
Agoes Gobel
8. KASIHKU
Junaedi
9. BENCI TAPI SAYANG
Dadang S. Manaf
10. SATU DUA.. AKU CINTA PADAMU
Pipit Lengkong








AKU BUKAN BONEKA

Ibu, pilihkan saja
Walau nanti aku tak bahagia
Bukankah aku layak memilih
Walaupun salah

Pernah saling menyinta tapi ibu tak suka
Dia datang ke rumah tak kau tegur dan sapa
Suka-suka Ibu marah-marah
Suka suka Ibu buang muka
Ibu, untuk siapa aku mengikat cinta

Kalau dulu Ibu menderita
Itu salah Ayah yang membagi cinta
Janganlah Ibu samakan saja
Walau hitam rambut kita tak berbeda

Aku hanya ingin sejujurnya
Jangan kau paksa walaupun aku pasrah
Aku bukan boneka yang tak punya cinta

Kalau sudah suratan cinta
Jangan pernah engkau kecewa
Kadang memang kita boneka
Yang selalu terpaksa

No comments: