Saturday, August 23, 2014

Doel Sumbang - Aku Tikus dan Kucing II


Judul Album : Aku Tikus dan Kucing II
Artis : Doel Sumbang
Tahun Produksi : 1982
Music Director : Abdoel WEA
Produksi : Don Records
Distributor : Usaha Remaja Records

Di awal karirnya, WAHYU AFFANDI aka DOEL SUMBANG tampil nyeleneh dengan lagu-lagunya yang apa adanya, nakal, dan spontan. Kaidah bermusik atau patron lagu-lagu mainstream sering dilanggar, paduan melodi dan lirik sering tidak seimbang sehingga tidak jarang satu birama 'diharuskan' menampung baris lirik yang melebihi kapasitas ketukan, sehingga akhirnya cara menyanyikannya harus 'merepet' mirip orang ngomel. Tapi justru disitulah letak keunikan yang ditawarkan Doel dan berhasil membawa namanya menyeruak ke jajaran depan penyanyi genre folk country ballad yang saat itu mulai menggeliat. Kemunculan album AKU TIKUS DAN KUCING telah mencuri perhatian banyak orang, sehingga akhirnya album jilid dua berjudul AKU TIKUS DAN KUCING II diluncurkan di tahun yang sama. Album jilid dua ini juga menghadirkan lagu jilid dua dari hits sebelumnya AKU, menjadi AKU II, tetap dengan liriknya yang merepet meskipun tidak seekstrim yang pertama. Lagu jilid dua ini memang hampir sama dengan jilid pertama, sehingga dengan cepat direspon penikmat musik. Lagu berlirik nakal semacam JUWITA yang ngetop dari album jilid pertama juga ditampilkan di lagu AJAKE SURE, berduet dengan YHANTI YUNING. Simak saja sebaris liriknya yang mungkin susah ditemukan di lagu-lagu masa kini : "Hei pacar mari main cinta, ogah ah takut perutku bengkak, atau kita main cium ?, ogah takut bibirku dower". Spontan dan jauh dari bunga-bunga kata layaknya lirik lagu, tapi disitulah letak kekuatannya. Doel pun semakin berkibar meskipun memang popularitasnya tidak segemilang saat dia merubah jalur musiknya menjadi lebih komersial di era 90an.  Kalau tertulis di cover album ini seolah ada dua orang bernama DOEL SUMBANG dan ABDOEL WEA masing-masing sebagai penyanyi dan komposer/arranger, tapi sebenarnya Doel Sumbang dan Abdoel WEA adalah orang yang sama. Mungkin semacam akan dibedakan antara dirinya sebagai Doel yang penyanyi dengan Abdoel Wahyu Affandi sebagai pribadi yang menjadi komposer dan arranger, semacam STING dan GORDON SUMMER, atau EMINEM dan MARSHAL MATHERS. Ide yang bagus, tapi entah mengapa tidak diteruskan di perjalanan karir berikutnya. 

Track List:
(semua lagu ciptaan Abdoel WEA)

1. AKU II
2. KEPADA YTH. PULAU JAWA
3. PRO GENERASIKU
4. AJAKE SURE
feat. Yhanti Yuning
5. DJOKO MONYONG
6. BUAT MBOK TOEKINI
7. SALAM LEKUM LEKUM SALAM
8. SI BADUT
9. KEKIKU
10. JANDA KARTIWI





AKU II

Aku lahir ke dunia bulan Rajab
Tahun seket pitu hari kamis pahing
Kurang lebih pukul stengah telu subuh
Dikampung Nangewer

Ibuku bernama Siti Maisaroh
Ronggeng banjet yang berasal dari Depok
Sedangkan bapakku benama Paijo
Tukang copet yang kabur dari kebumen

Biar ibu ronggeng banjet
Biar bapak tukang copet aku tak peduli
Asalkan saja saban hari aku dikasih duit
Bapak goceng, Ibu ceban

Lumayan buat nonton film mesum
Lumayan buat jajan sate bebek
Lumayan buat minum arak liawa
Lumayan buat buat biaya kencan edan
Sama si gembrot cewek grepean

Bapak dan ibu tak pernah melarang
Jika aku melakukan yang terlarang
Sebab mereka pernah bilang
Mari rame-rame negong
Sekeluarga jadi pengisi neraka semua

Orang tua kadang kadang memang lebih gila
Orang tua kadang kadang memang lebih bobrok
Orang tua kadang kadang memang lebih rakus
Orang tua kadang kadang memang lebih licik
Dari anak muda yang dianggap berengsek melulu

Realita kok pak
Realita bu
Saya bukan ngeledek
Jangan tangkap saya
Ini bukan politik !

No comments: