Friday, May 16, 2014

Rita Butar-Butar - Seandainya Aku Punya Sayap


Judul Album : Seandainya Aku Punya Sayap
Artis : Rita Butar-Butar
Tahun Produksi : 1980
Music Director : Rinto Harahap
Produser : Rinto Harahap
Produksi : Lolypop Records

RINTO HARAHAP dikenal sebagai komposer yang mempunyai ciri khas kuat dalam setiap lagu-lagunya. Paduan lirik bertabur metafora dipadu dengan melodi yang melankolis menjadi nilai jual yang merajai industri musik Indonesia di awal 80an. Rinto juga dikenal sebagai komposer yang mengerti kapasitas penyanyi yang akan menyanyikan lagunya, sehingga luas melodi yang ditulisnya akan disesuaikan dengan ambitus penyanyinya. Untuk penyanyi bernama RITA BUTAR-BUTAR yang punya ambitus cukup lebar, Rinto pun menulis lagu-lagu dengan range nada yang lebar dan memaksimalkan kapasitas Rita, seperti pada lagu SEANDAINYA AKU PUNYA SAYAP. Lagu ini tampil dengan liukan melodi khas Rinto plus lirik puitis yang kaya makna. Bila dicermati, lagu ini sebenarnya berisi kritik sosial yang cukup kental, memprotes keadaan dunia yang sudah tidak ramah lagi. Tapi karena terbungkus oleh warna melankoilis Rinto yang image-nya cukup kuat, lagu 'protes' ini berhasil tampil manis. Rita pun berhasil menaklukkan lagu ini dengan sempurna, terutama di bagian reff yang melengking tinggi tapi tetap enak didengar. Tidak heran lagu ini berhasil menjadi hits besar dan boleh jadi menjadi signature Rita sepanjang karirnya di industri musik pop Indonesia. Lagu inipun menjadi salahsatu lagu ciptaan Rinto yang tergolong terbaik.

Track List:

1. OH BAHAGIANYA
Rinto Harahap
2. SEANDAINYA AKU PUNYA SAYAP
Rinto Harahap
3. LUKISAN CINTA
Erwin Harahap
4. SUDAH SAATNYA
Charles Hutagalung
5. RINDUKAH PADAKU
Rinto Harahap
6. TAK PERLU BERSEDIH
Charles Hutagalung
7. JANGAN KAU DATANG LAGI
Aryo
8. AKU TAK INGIN MENGEMIS LAGI
Rinto Harahap
9. DIA
Aryo





SEANDAINYA AKU PUNYA SAYAP

Seandainya aku punya sayap
Terbang, terbanglah aku
Kucari dunia yang lain
Untuk apa ku disini

Seandainya dapat kau rasakan
Kejam, kejamnya dunia
Tiada lagi keadilan
Untuk apa ku disini

Menjerit dan menangis
Pilu dan derita
Merintih dan berdoa
Dimanapun berada
Oh duniaku yang fana

No comments: