Thursday, February 28, 2013

DAC Band - Pentas


Judul Album : Pentas
Artis : DAC Band
Tahun Produksi : 1989
Produser : Alvin Lie
Produksi : Octave Records
Distributor : Hins Collections

Demam musik fusion sangat terasa di era 80an, antara lain dengan menjamurnya band-band beraliran ini yang cukup mencuat seperti KRAKATAU, KAHITNA, INDONESIA 6, EMERALD, HALMAHERA dan lain-lain. Kebanyakan grup=grup itu berasal dari Jakarta atau Bandung, yang saat itu memang menjadi sentra band-band kondang Indonesia. Maka agak menggembirakan ketika sebuah band fusion asal Semarang kemudian muncul di akhir 80an lewat album rekaman. DAC Band atau Dynamic Action of Chords adalah DIDIT, DUDUT, MOMO, AGUSTA dan IEGA. Band ini termasuk band kondang di Jawa Tengah khususnya Semarang. Mereka kerap muncul di acara-acara TVRI Yogyakarta sehingga cukup akrab bagi warga Jawa Tengah dan Yogyakarta, tapi tentu saja di skala nasional mereka belum dikenal. Album pertama mereka dirilis dengan judul PENTAS, dan mereka menggandeng DYAH KUTUT sebagai vokalis tamu. Lagu andalan PENTAS terdengar segar, tapi sayangnya lagu ini mempunyai struktur melodi dan lirik yang hampir sama dengan lagu LA SAMBA PRIMADONA, hits milik KRAKATAU. Untungnya ada hits kedua berjudul AKANKAH yang cukup banyak diputar di radio-radio saat itu. Sayangnya, mungkin karena kurang promosi album ini tidak berhasil di pasaran. Dyah Kutut kemudian cukup dikenal sebagai penyanyi solo, sementara DAC Band tidak terdengar lagi kabarnya.

Track List :

1. PENTAS
Momo & Ninda
2. THINKIN' OF YOU (TONIGHT)
Momo, Alvien Lie, OG Ruddyard
3. PIGURA
Didit
4. GEJOLAK
Dudut
5. SKY CHANNEL
Didit & Momo
6. AKANKAH
Dudut
7. ESCALATOR
Didit
8. LEWAT
Didit
9. MIRROR
Iega & Agusta
10. ALAM CERIA
Momo




AKANKAH

Angan mimpiku melintas bayang kelabu
Yang semaki suram tentang kita
Asmara kita dan pandangan terhadap Nya
Mengundang tanya penuh ilusi
Dan penuh misteri

Akankah semua segera pancarkan 
Pantulan sinaran
Jawaban yang pasti

Hanyalah cinta harapan kita bersama
Menjalin tali cinta semakin dalam
Tersirat tanda semua akan tercapai
Jadikan kenyatan menggapai asa
Harapan bersama

Akankah abadi nada cinta kita
Yang telah terukir bersama kasih
Meski kita tahu aral menanti
Seolah Yang Kuasa memisahkan kita

Wednesday, February 20, 2013

Los Morenos - Los Morenos 80


Judul Album : Los Morenos 80
Artis : Los Morenos
Tahun Produksi : 1980
Produksi : Atlantic Records

Musik latin memang sudah mendapat tempat tersendiri dihati penikmat musik Indonesia. Meskipun tidak segempita jenis musik lain yang mempunyai massa melimpah, genre musik latin nyatanya sudah hadir di Indonesia sejak lama. Adalah grup asal Bandung bernama EL'DOLORES COMBO yang mengusung jenis musik ini dan dibentuk tahun 1957 oleh RUDY RUSADY dan DUDUNG AS. Pada perkembangan selanjutnya mereka mengubah nama menjadi EKA DJAYA COMBO dengan beberapa kali bongkar pasang personel, sampai kemudian di tahun 1968 mereka mengubah nama grup ini menjadi LOS MORENOS dan hijrah ke Jakarta dengan personel RUDY RUSADY, DUDUNG AS, SAID SALMIN, WIM BUSTAMI dan ZULKARNAEN ROMAN. Kehadiran mereka ternyata mencuri perhatian. Mereka rutin tampil di TVRI waktu itu membawakan lagu-lagu asli latin, dan juga lagu-lagu pop Indonesia dan tradisional dalam irama latin. Kepopuleran mereka juga membuat kelompok ini menjadi langganan tampil di Istana Negara setiap ada kunjungan kenegaraan dari tamu-tamu penting luar negeri. Meskipun tidak banyak merilis album tapi nama mereka tetap eksis, dan salahsatu album yang cukup laris adalah album berjudul LOS MORENOS 80 ini. Album ini melejitkan hits PAK PUNG PAK MUSTAPE yang memang terdengar asyik dalam irama latin, juga lagu AYO MAMA, SARINAH dan FATIMAH. Bisa dibilang mereka adalah grup latin terdepan di Indonesia, dengan rentang masa eksis yang cukup panjang. Sampai era 2000an mereka masih eksis manggung dengan personel gabungan antara personel asli dengan musisi era sekarang antara lain CHANDRA CHASMALA, MUNIF BAHASUAN dan RIO ROSADI. 

Track List:
(composer not listed)

1. AYO MAMA
2. TENGO
3. PAK PUNG PAK MUSTAPE
4. SARINAH
5. FATIMAH
6. AMIS PADRES
7. GUIARA
8. DESAKU
9. EXTRA - INSTRUMENTAL
10. DISAMPINGMU
11. CINTA BERSEMI
12. MENANTI
13. QUANDO
14. NUSA INDAH
15. QUIZAS QUIZAS
16. POUR UN AMOR
17. AMPAR AMPAR PISANG
18. KATAKANLAH




PAK PUNG PAK MUSTAPE

Pak pung pak mustape
Pak Duleh di rumehnye
Ade tepung ade kelape
Masak gulai aduh enaknye

Kain batik didalam peti
Kain jarang dalam lipatan
Gadis cantik menarik hati
Sayang sayang mata duitan

Ombak besar bergulung-gulung
Sampai tepi memecah karang
Gadis kini jangan dikurung
Suka pergi jalan belakang  

Thursday, February 14, 2013

Paramitha Rusady - Datang Kembali


Judul Album : Datang Kembali
Artis : Paramitha Rusady
Tahun Produksi : 1991
Music Director : Billy J. Budiarjo & Younky Soewarno
Produksi : Billboard Indonesia

Bersinar di dunia film tidak lantas membuat karirnya di dunia musik menjadi terbengkalai. PARAMITHA RUSADY adalah salahsatu artis yang bisa sukses di dunia musik dan seni peran sekaligus. Setelah sukses dengan album JATUH HATI, KISAH BUKU HARIANKU dan TANPA DIRIMU, Mitha kembali hadir lewat mini album berjudul DATANG KEMBALI. Mini album berisi 4 lagu ini digaraIp oleh 2 arranger kondang YOUNKY SOEWARNO dan BILLY J. BUDIARJO. Single andalan DATANG KEMBALI dan MENGAPA meluncur mulus menjadi radio hits. Dua lagu ini memang easy listening dan pas dengan karakter vocal Mitha, dan memang boleh jadi sukses lagu ini karena terpengaruh nama besar TITO SOEMARSONO dan RYAN KYOTO yang saat itu memang sedang menjadi hitsmaker. Setahun kemudian, album ini kembali dirilis dengan perubahan design cover, plus ditambah lagu-lagu hits Mitha dari album-album sebelumnya sehingga menjadi semacam album the best of.

Track List :

1. MENGAPA
Ryan Kyoto
2. DATANG KEMBALI
Tito Soemarsono
3. SESUNGGUHNYA
Billy JB & Dani Mamesah
4. CINTA SAHABATKU
Andi Odink




MENGAPA

Cobalah sadari betapa selama ini
Telah kulakukan, telah kuberikan padamu
Kurang apakah lagi, segalanya untukmu
Namun kau masih bercumbu dengan yang lain

Akupun tak tahu salah apa yang kulakukan
Hingga diriku begitu saja kau tinggalkan
Sia-sialah saja pengorbananku ini
Oh mengapa.. mengapa ini terjadi ?

Ingin rasa ku pergi tinggalkan dunia ini
Daripada setiap saat 
Kurasakan penyesalan yang dalam
Tuhan, bimbinglah diri ini
Tunjukkanlah jalan yang pasti
Agar diriku tak tersesat nanti
Didalam menempuh cintaku
 

Wednesday, February 13, 2013

Biru Langit - Segelas Anggur


Judul Album : Segelas Anggur
Artis : Biru Langit
Tahun Produksi : 1987
Music Director : Nuris Iskandar
Produser : Nuris Iskandar
Produksi : Ria Cipta Abadi

Setelah malang melintang di industri musik dan sempat membentuk beberapa grup tapi kurang berhasil, akhirnya NURIS ISKANDAR beroleh hoki ketika membentuk BIRU LANGIT dan melejit lewat album LUKA. Lagu itu menjadi hits dan airplay nya sangat tinggi di radio-radio. Selepas album itu, album kedua kemudian dirilis dengan judul SEGELAS ANGGUR. Ada perbedaan personel di album kedua ini, sang vokalis IRMA KIRANA digantikan oleh LINA ALIA, penyanyi asal Cianjur yang saat itu masih kelas 2 SMA. Karakter vokal Lina terdengar lebih berat dan tebal dibandingkan Irma, dan materi lagu andalan SEGELAS ANGGUR pun terdengar beda. Nuansa etnik terdengar dominan dari liukan melodi dan juga tarikan vokal Lina, dipadu dengan beat reggae yang membuat lagu ini terdengar unik. Tapi sayangnya, tanggapan pasar atas album ini tidak sebagus LUKA. Boleh jadi karena materi lagu dan pola aransemen yang berubah, atau pergantian vokalis yang memang berkarakter beda. Lagu ini memang berhasil menjadi radio hits tapi tidak seberhasil lagu LUKA. Hits lain dari album ini adalah DIA DATANG.

Track List: 

1. SEGELAS ANGGUR
Bia Subagja
2. DIA DATANG
Nuris Iskandar
3. AKU ATAU DIA
Nuris Iskandar
4. SELAMAT PAGI GADIS
Emier C. Jack
5. ROMANSA DI BATAS KOTA
Nuris Iskandar
6. KARNA TINGKAH ASMARA
Ancha Haiz & Nuris Iskandar
feat. Ancha Haiz
7. KAULAH MATAHARIKU
Emier Jack & Nuris Iskandar
8. SEANDAI
Bia Subagja
9. SETELAH KAU DATANG
Nuris Iskandar
10. LINGKARAN KABUT SEPI
Nuris Iskandar




SEGELAS ANGGUR

Engkau datang lagi kala hatiku sunyi
Kau menyapa lagi dikala kusendiri
Bukan untuk yang pertama kali
Oh cinta.. kini kau datang lagi

Kau segelas anggur
Yang memabukkan jiwa
Hingga ku terlena
Walau di dalam derita
Bukan untuk yang pertama kali
Oh cinta.. kini kau datang lagi

Kau peluk diriku, kau rayu diriku
Hingga ku lupakan surgawi
Kau campakkan daku 
Kau nistakan daku
Hingga ku lupakan surgawi

Tuesday, February 12, 2013

Endang Triswati - Tamu Malam Minggu


Judul Album : Tamu Malam Minggu
Artis : Endang Triswati
Tahun Produksi : 1992
Music Director : Satiri MS
Produksi : Flower Sound

Mendapat kesempatan rekaman solo memang selalu diharapkan oleh penyanyi yang sedang meniti karir. Maka kadang jenis musiknya tidak menjadi masalah, yang penting adalah bisa merilis album yang akan menjadi semacam 'ijazah' untuk disebut sebagai penyanyi profesional. ENDANG TRISWATI adalah contohnya. Penyanyi dengan basic pop ini ternyata justru mendapat tawaran untuk merilis album dangdut, padahal dia sempat bertrio bersama VINNIE ALVIONITA dan NATASHA menyanyikan lagu APAKAH MUNGKIN yang menjadi soundtrack film CATATAN SI EMON dan cukup kencang airplay nya di radio-radio. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh Endang, dan ternyata berbuah manis. Meskipun materi suaranya ngepop, tapi Endang tidak diarahkan ke genre pop dangdut atau disko dangdut yang saat itu sedang booming. Genre yang diusung justru dangdut asli yang mengharuskannya menyanyikan lagu dengan cengkok-cengkok 'keriting' khas penyanyi dangdut. Untungya paduan vokal ngepop Endang dengan aransemen dangdut yang kental plus lagu yang catchy malah terdengar asyik disimak, membuat album pertamanya TAMU MALAM MINGGU berhasil mencuri perhatian. Lagu ini menjadi hits besar dan mengangkat nama Endang sebagai penyanyi dangdut. Memang dibutuhkan kejelian ketika menentukan arah karir, dan keputusan Endang untuk berpindah genre boleh jadi adalah pilihan tepat. Di album ini juga ditampilkan dua lagu yang dinyanyikan oleh TOMMY ALI.

Track List:

1. TAMU MALAM MINGGU
Toto Ario
2. SABAR DONG SAY
Abbas Sab
3. TITIAN KASIH
Achnad Shankar
4. KEGAGALAN
Varlin E. Hutagaol
Tommy Ali
5. ARTI CINTA
Leo Waldy
6. CARI PACAR
Endang Kurnia
7. CINTA MERAH
M. Suki
Tommy Ali
8. SENGSARA DAN BAHAGIA
Pei
9. BAGI BAGI DONG
Wady Patah




TAMU MALAM MINGGU

Siapa sih malam minggu 
Ketuk ketuk pintu
Hatiku bertanya-tanya
Sungguh aneh tapi nyata
Memang dia, dia, dia, dia..
Siang tadi jumpa di depan rumah

Senyum-senyum padaku
Akupun jadi malu
Akhirnya ada tamu malam minggu

Siapa sih malam minggu
Ketuk ketuk pintu
Hatiku bertanya-tanya

Banyak lelaki hanya menggoda
Tapi yang satu ini, dia nekat juga
Ulurkan tangan sebut namanya
Akupun terpaksa sebut namaku

Malam minggu kini ku tak sendiri
Ada si dia disampingku
 

Monday, February 11, 2013

OST Binalnya Anak Muda


Judul Album : OST Binalnya Anak Muda
Artis : Grace Simon & Nunuk Murdono
Tahun Produksi : 1978
Music Director : Gatot Sudarto
Produser : Gatot Sudarto
Produksi : Gatot Sudarto Sound & Musical Production
Distributor : Musica Studio's

Film BINALNYA ANAK MUDA adalah film yang dibintangi oleh JENNY RACHMAN dan MANGARA SIAHAAN dan disutradarai oleh ISMAIL SUBARDJO. Film yang memotret kehidupan remaja Jakarta di masa itu dengan bumbu perkelahian dan bahkan perkosaan. Film ini berhasil menjadi film terlaris ke dua di Jakarta pada tahun 1979, serta mendapat beberapa nominasi di FFI 1979 antara lain untuk Jenny Rachman sebagai pemeran utama wanita, yang sayangnya hanya menjadi peringkat kedua dan dikalahkan oleh CHRISTINE HAKIM lewat aktingnya yang gemilang dalam film PENGEMIS DAN TUKANG BECAK. Tidak hanya itu, meskipun judulnya terkesan 'binal', tapi film ini berhaisl mendapatkan penghargaan Plakat USMAR ISMAIL FFI 1979 sebagai "Film yang berhasil melukiskan dunia remaja dengan mengandung tata nilai yang positif serta moralitas yang baik." Sukses film ini coba dilanjutkan dengan dirilisnya album soundtracknya yang digarap oleh GATOT SUDARTO dan dibawakan oleh penyanyi paling populer saat itu GRACE SIMON dan nama baru NUNUK MURDONO. Lazimnya film laris, soundtracknya pun biasanya laris manis. Album inipun ditanggapi cukup bagus di pasaran dan melahirkan hits BUNGA, REMAJA CINTA serta CINTANYA BERSEMI SEINDAH PELANGI. 

Track List :
(semua lagu cipt. Gatot Sudarto. Track 1-7 Grace Simon, 8-13 Nunuk Murdono)

1. BUNGA, REMAJA CINTA
2. CINTANYA BERSEMI SEINDAH PELANGI
3. PERAWAN DAN JEJAKA
4. HARAPAN SEORANG GADIS
5. NAPAS CINTA
6. BINALNYA ANAK MUDA
7. SELANGIT DUKA SELANGIT MESRA
8. LAYAR TERKEMBANG
9. RENUNGAN
10. SEPREI PENGANTIN
11. RUMAH TUA
12. KABUT BIRU
13. KECUALI SATU





BUNGA, REMAJA CINTA

Bunga-bunga remaja cinta
Lepas bebas tak kenal duka
Bunga cinta puteri remaja
Mekar sekar tiada noda

Nakal, nakalnya si remaja
Binal tapi tak ternoda
Bagai merpati putih
Hinggap disela duri
Jinaknya, manjanya menarik 

Bunga-bunga harapan bangsa
Lepas bebas membentuk diri

Sunday, February 10, 2013

Eros Djarot - Kembalikan Masa Depanku


Judul Album : Kembalikan Masa Depanku
Artis : Eros Djarot
Tahun Produksi : 1983
Music Director : Eros Djarot
Produser : Eros Djarot
Produksi : Musica Studio's

Nama EROS DJAROT mencuat berkat kiprahnya dalam menggarap musik film yang mengantarnya beroleh piala Citra, lambang supremasi tertinggi dunia film Indonesia di masa itu. Namanya tambah mencuat saat membentuk BARONG'S BAND, dan mendapat pencapaian luarbiasa saat berkolaborasi bersama JOCKIE SURYOPRAYOGO dan CHRISYE menggarap album soundtrack BADAI PASTI BERLALU, serta trilogi album RESESI, METROPOLITAN dan NONA. Sukses itu rupanya tidak menyurutkan niat Eros untuk merilis album solo. Maka setelah melewati proses selama kurang lebih 2 tahun, album solo pertamanya dirilis dengan judul KEMBALIKAN MASA DEPANKU. Untuk proyek solonya ini, Eros ternyata tidak mengusung lagu-lagu pop romantis yang selama ini lekat dengan sosoknya. Inspirasi album ini justru datang dari keprihatinan Eros terhadap kondisi negara Afrika Selatan dan negara dunia ketiga lainnya yang saat itu sedang berjuang mencapai kemerdekaan. Maka tidak heran isi album ini adalah semacam potret dari apa yang Eros lihat dan rasakan yang dituangkannya dalam musik dan lagu.  Lagu-lagu dalam album ini sangat asyik dinikmati. Lagu KEMBALIKAN MASA DEPANKU tampil dalam warna rock, terdengar pas membalut lirik dan melodi yang memang keras. Nomor lainnya juga tidak kalah keren seperti USIA 18 dan JOE GUMEDE. Sebuah album yang sarat idealisme, dan sayangnya album semacam ini memang jarang yang bisa mencetak sukses secara komersial. 

Track List :
(semua lagu ciptaan Eros Djarot)

1. CITRA INDONESIA
2. USIA 18
3. KEMBALIKAN MASA DEPANKU
4. JOE GUMEDE
5. DISKO ROK EN ROL
6. SUAMIKU (RHODESIA 78)
7. KISAH DARI BERLIN
8. MAKBET (RIMBA HIJAU)
9. PENSIUNAN




KEMBALIKAN MASA DEPANKU

Tangis lirih jeritan batinnya
Renungi masa depan
Cekung mata yang semakin dalam
Terhimpit kebimbangan
Kemanakah kaki melangkah sesenja ini ?

Burung camar beterbangan pulang
Menuju titik batas cakrawala
Bergegas bersama menyampaikan berita
Akan sebuah malapetaka

Hari ini kunyanyikan lagu
Agar hati terbuka
Di batas senja sebelum malam tiba
Dan mendung menutup kota
Kupastikan genggam tangan
Ku geram, kuhayati..

Cukup sekian penderitaan
Kaum lemah di dunia yang tiada berdaya
Menahan tindasan dan segala tekanan
Kaum srigala kehidupan

Kembalikan masa depanku
Kembalikan pelita hidupku
Dan jangan kau coba menutup jalan
Tanpa tahu arah dan tujuan
Kunyanyikan lagu ini
Bagi mereka yang selalu menutup mata
Menyaksikan kepincangan dunia
 

Sersan Prambors - Enaaak Aja !


Judul Album : Enaaak Aja !
Artis : Sersan Prambors
Music Director : Adhi Mantra
Tahun Produksi : 1988
Produser : A. Muthalib
Produksi : JK Records

Di era 80an, kaset-kaset rekaman yang beredar bukan hanya melulu milik penyanyi atau grup band saja. Grup lawak juga punya kans besar buat eksis di industri rekaman, dan mereka punya massa sendiri yang setia membeli kaset-kaset rekaman lawak mereka. Salahsatu grup lawak yang cukup sukses menghasilkan album rekaman adalah SERSAN PRAMBORS. Kelompok yang terdiri dari SYS NS, KRISNA PURWANA, PEPENG, NANA KRIP dan MUKLIS GUMILANG ini  pertama muncul di industri ini lewat album ANUNYA KAMU yang sukses di pasaran. Seperti juga senior mereka WARKOP PRAMBORS aka WARKOP DKI yang juga sukses ketika merilis album rekaman, format mereka juga hampir sama yaitu memadukan lawakan yang diselingi dengan lagu-lagu humor. Saat merilis album mereka ENAAAK AJA !, formula ini masih mereka pakai. Maka selain menampilkan lawakan-lawakan khas mereka, ditampilkan juga lagu-lagu kocak yaitu CIPILA CIPIKONG, GADIS BISU dan BEBI KAMBEK. Lagu-lagu kocak ini tampil segar, hanya sayangnya dibanding lagu-lagu kocak mereka terdahulu seperti ANUNYA KAMU atau CINTAKU SECETEK SUNGAI GANGGA yang lebih dikenal sebagai lagu DEL TAKODEL KODEL, lagu-lagu di album ini terdengar kurang kuat. Meskipun begitu, secara konten, lawakan yang mereka hadirkan di album ini cukup segar dan mengundang tawa, masih bisa menghibur meskipun didengarkan saat ini.

Track List:

1. BEBI KAMBEK
Sys NS & Adhi Mantra
2.GADIS BISU
Sys NS & Adhi Mantra
3. CIPILA CIPIKONG
Sys NS & Adhi Mantra



BEBI KAMBEK

Ku suka kamu (ku suka juga)
Ku cinta kamu (ku cinta juga)
Kusayangi (sayangilah aku)
Kutunggu kudamba dan kurindu
(syik asyik, syik asyik asyik)
Kupeluk kucium dan kumanja
Syik asyik syik asyik asyik, syik syik

Ku benci kamu (ah masa iya)
Ku jijik kamu (Ah jangan gitu)
Kutinggalkan (Masa bodo)
Ku akan pergi mencari gantinya
(weq cuweq, weq cuweq cuweq)
Ku akan pergi tak mungkin kembali
Weq cuweq, weq cuweq cuweq

Ku datang lagi (koq cepat betul)
Ku kambek lagi (okey my darling)
Maafkan aku (kumaafkan)
Kucinta, kubenci dan kucinta
(lik balik, lik bolak balik)
Ku datang ku pergi dan aku kambek
Bek kambek, bek kombak kambek
 

Saturday, February 9, 2013

Ita Purnamasari - Semakin Sayang Semakin Cinta


Judul Album : Semakin Sayang Semakin Cinta
Artis : Ita Purnamasari
Tahun Produksi : 1996
Music Director : Dwiki Dharmawan
Produser : Dwiki Dharmawan
Produksi : HP Records
Distributor : Musica Studio's

Mengawali karir sebagai 'lady rocker', ITA PURMAMASARI rupanya lebih mantap karirnya setelah banting setir ke genre pop, dan memang materi suaranya memang lebih pas ada di jalur ini. Sukses melahirkan beberapa hits lewat tangan YOUNKY SOEWARNO, Ita mencoba sesuatu yang berbeda ketika ditangani oleh DWIKI DHARMAWAN sang suami. Sebuah album yang terbilang 'wah' dihadirkan mereka, wah dalam artian album ini dikerjakan sangat serius dan melibatkan musisi-musisi Amerika seperti MICHAEL THOMPSON, NEIL STUBENHAUS dan RICKY LAWSON serta dukungan LOS ANGELES STRINGS & HORN. Musisi pendukung dari dalam negeri juga gak kalah hebat seperti ERWIN GUTAWA, BILLY J. BUDIARJO, DIAN PRAMANA POETRA dan GURUH SOEKARNO PUTRA. Maka lahirlah album yang boleh jadi merupakan album terbaik yang pernah dihasilkan Ita secara kualitas. Lagu andalan LEPASKAN AKU tampil dengan warna Ita yang sudah akrab, sewarna dengan lagu BIARKAN atau CINTAKU PADAMU tapi dengan aransemen yang lebih grande. Begitu juga dengan single kedua SEMAKIN SAYANG SEMAKIN CINTA yang ditulis sendiri oleh Ita. Yang agak berbeda adalah lagu CINTAKU YANG TERAKHIR yang progresi melodinya mengarah ke lagu-lagu opera, dan sebenarnya kurang pas dengan karakter vocal Ita. Mungkin akan lebih berasa seandainya lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi seriosa semacam ANING KATAMSI atau CHRISTOPHER ABIMANYU. Sangat sayang untuk aransemen yang sangat indah tapi Ita tampil tidak sesuai dengan tuntutan lagu. Satu lagi radio hits yang muncul dari album ini adalah TIADA YANG SEPERTI KAMU. Sebuah album yang keren, tapi sayangnya album ini justru tidak sesukses album CINTAKU PADAMU. Barangkali pendengar musik yang menggemari Ita mungkin menganggap aransemen lagu-lagu di album ini terlalu berat. Memang agak susah menghasilkan album rekaman yang bagus secara kualitas sekaligus bagus secara komersial.

Track List:

1. LEPASKAN AKU
Danny Item & Pra B. Dharma
2. SEMAKIN SAYANG SEMAKIN CINTA
Ita Purnamasari
3. CINTAKU YANG TERAKHIR
Dwiki Dharmawan & Sekar Ayu Asmara
4. SEPANJANG 1000 ANGAN
Capung
5. TERIMA KASIH SAYANG
Mamak & Dandoe
6. TIADA YANG SEPERTI KAMU
Dian Pramana Poetra & Bambang B.
7. JATUH CINTA
Guruh Soekarno Putra
8. JANGAN SAMPAI
Ryan Kyoto
9. DIANTARA KITA
Ita Purnamasari




LEPASKAN AKU

Perpisahan kita warnai kisah cinta
Tak terbayangkan akhir kenyataan
Tak mungkin ku kembali padamu

Dirimu yang tergoda
Khianati cinta kita
Tak pernah kuduga, diriku tak kuasa
Terbelenggu cinta yang ternoda

Lepaskanlah, hatiku yang terikat cintamu
Sekian lama kucoba
Bebaskanlah, diriku dari bayang-bayangmu
Selama ini menggoda
Kini kasih kita telah membeku

Friday, February 8, 2013

David Messakh - Cinta Abadi


Judul Album : Cinta Abadi
Artis : David Messakh
Tahun Produksi : 1985
Music Director : Armand Marah &Hengky Firmansyah
Produser : Vladimer Situmorang
Produksi : Irama Asia Records

Nama DAVID MESSAKH memang tidak secemerlang OBBIE MESSAKH sang adik. Mengawali karir bersama sebagai komposer, tapi nama Obbie lebih bersinar baik sebagai komposer maupun sebagai penyanyi. Sejak awal sebenarnya sudah terlihat jelas perbedaan lagu-lagu ciptaan Obbie dan David. Lagu-lagu ciptaan Obbie ada di genre pop melankolis dan berkblat pada RINTO HARAHAP yang saat itu sedang jadi hitsmaker, sementara lagu-lagu ciptaan David ada di genre pop kreatif mengarah ke pop jazz seperti lagu WALAU DALAM MIMPI yang berhasil jadi hits lewat ERMY KULLIT. Akan tetapi setelah nama Obbie melambung, agaknya David mulai 'tergoda' untuk membuat lagu di jalur pop melankolis, dan lewat lagu PESAN MERAH yang melambungkan nama NELLA REGAR nama David kemudian juga dikenal sebagai komposer di genre ini. Tidak cukup hanya itu, sosok David kemudian juga coba diorbitkan sebagai penyanyi seperti sang adik, dan hasilnya adalah album berjudul CINTA ABADI ini. Sebagai daya jual, ditampilkan pula NELLA REGAR untuk berduet di 2 lagu termasuk di lagu andalan. Tapi sayang, sepertinya David memang kurang beruntung sebagai penyanyi. Lagu CINTA ABADI memang terdengar kurang kuat. Album ini tidak bisa bersaing dengan album-album sejenis di pasaran, termasuk album sang adik yang lebih banyak menarik perhatian. 

Track List :

1. CINTA ABADI
 Nurwan S & Albert S
feat. Nella Regar
2. TAK MUNGKIN
Jerry Messakh
3. DIANTARA KITA TIADA SATU
Nurwan Sugess
feat. Nella Regar
4. AKU DAN KAU
Star Pangaribuan
5. TAKKAN INGKAR JANJI
Jerry Messakh
6. CINTAKU BAGAI EMBUN
David Messakh
7. AKU BUKAN MILIKMU
Hengky
8. WALAU DALAM MIMPI
David Messakh
9. KAU SATU PUJAANKU
David Messakh
10. PUTIH KULITMU HITAM HATIMU
David Messakh




CINTA ABADI

Kau begitu mesra dalam dekapanku
Dan kau ucapkan kata-kata cinta
Kau begitu indah terasa di hidupku
Yang tercipta dalam mimpi-mimpiku

Jangan kau pergi jauh dariku
Dekatlah kasih dambaan hati
Walaupun hari-hari kan cepat berganti
Namun cinta kita kan abadi

Dewi asmaraku datanglah kembali
Benih cintaku yang kini bersemi
Terasa bahagia didalam hatiku
Kini kau selalu ada disisiku

Wednesday, February 6, 2013

Harry Tasman & Dewi Purnama - Mengapa Kita Berjumpa


Judul Album : Mengapa Kita Berjumpa
Artis : Harry Tasman & Dewi Purnama
Tahun Produksi : 1987
Produksi : Gajah Mada Records

HARRY TASMAN memang lebih dikenal sebagai komposer. Beberapa karyanya sempat menjadi hits besar, salahsatunya adalah lagu JANGAN ADA DUSTA DIANTARA KITA dari DEWI YULL & BROERY MARANTIKA. Tapi di paruh akhir 80an, Harry sempat mencuat sebagai penyanyi ketika merilis album MENGAPA KITA BERJUMPA ini. Sebuah kontradiksi sebenarnya, sosok Harry yang tegap gondrong lengkap dengan cambang tapi menyanyikan lagu melankolis meratap-ratap. Boleh jadi memang disinilah letak keunikannya sehingga kemunculannya langsung mencuri perhatian, disamping materi lagunya yang easy listening dan progresi melodinya memungkinkan untuk menyasar pangsa yang lebih luas : selain disukai remaja juga 'masuk' ke telinga orang tua. Kombinasi itu membuat lagu ini melesat cepat menjadi hits dan mengangkat nama Harry sebagai penyanyi. Lazimnya masa itu sebuah lagu hits akan mempunyai lagu jawaban, dan biasanya akan dirilis setelah sebuah lagu menjadi hits. Tapi uniknya di album ini, lagu jawaban sudah langsung 'disediakan' di track no 2 Side A, sebuah lagu yang sama dengan perombakan di lirik dan dinyanyikan oleh DEWI PURNAMA. Jadi jangan kecewa kalau menyangka album ini adalah album duet dari HARRY TASMAN & DEWI PURNAMA. Dan sebenarnya album ini juga bukan album mereka berdua karena banyak penyanyi yang terlibat termasuk DEDDY DORES, tapi entah mengapa nama penyanyi-penyanyi yang ada di album ini tidak tercantum di cover ! Sebuah 'kebiasaan buruk' dari GAJAH MADA RECORDS ketika merilis album kompilasi, yang dicantumkan adalah nama penyanyi utama meskipun banyak penyanyi yang terlibat. Yang juga membingungkan adalah, di cover album ini tertulis "DIDUKUNG OBBIE MESSAKH" tapi tidak ada suara Obbie di album ini, bahkan lagu ciptaannya pun tidak ada. 

Track List :

1. MENGAPA KITA BERJUMPA
Maxie Mamiri
Harry Tasman
2. MENGAPA KITA BERJUMPA (JAWABAN)
Maxie Mamiri
Dewi Purnama
3. MANA RINDUMU
Welly Dona
4. KAPANKAH
Yudhi Chandra
5. KITA TAK MUNGKIN BERSATU
Harry Tasman
Harry Tasman
6. LAUTAN CINTA
Ranjas
7. HANYA KAU DIHATIKU
Agoes Sastro
8. DUSTA
Tonny W.
9. KUCOBA LAGI
Sony Jose
10. CINTA BUKAN MILIK KITA
Deddy Dores & Andre
Deddy Dores
11. MANISNYA BUNGA CINTA
Leo Manuputty
12. TIADA LAGI RESAH
Ronald Alambara




MENGAPA KITA BERJUMPA

Mana mungkin kita bersatu
Walau hatimu sayang padaku
Biarlah cinta kita yang indah
Menjadi kenangan

Akupun kini menyadari
Engkau telah berdua
Biarlah namamu sayang
Terukir di hati

Sejujurnya aku akui
Kau yang sangat kukasihi
Namun satu yang aku sesali
Mengapa kita berjumpa

Andai kau tak pernah hadir dihatiku
Aku tak kecewa
 

Tuesday, February 5, 2013

Gito Rollies - Jarum Neraka


Judul Album : Jarum Neraka
Artis : Gito Rollies
Tahun Produksi : 1986
Produksi : Sokha Records
Distributor : Asia Records

Merilis ulang lagu yang sedang hits memang jamak dilakukan di industri musik indonesia, terlebih di era 80an saat industri musik kita sedang jaya-jayanya. Bila sebuah lagu meledak, maka akan muncul penyanyi-penyanyi lain menyanyikan lagu itu dalam berbagai aliran musik. Seperti yang terjadi pada lagu JARUM NERAKA yang melambungkan nama NICKY ASTRIA. Setelah lagu itu melejit, muncul versi lain dari lagu itu yang dinyanyikan oleh rocker senior GITO ROLLIES. Gito memang tergolong sering merilis kembali lagu-lagu hits dari penyanyi lain yang dibawakan kembali dengan caranya sendiri dan berhasil meraih sukses seperti lagu AKU (Rieta Amelia), TRAGEDI BUAH APEL (Anita Sarawak) dan PERMATA HITAM (Ikang Fawzi). Kekuatan intepretasi Gito memang membuat lagu-lagu penyanyi lain yang dibawakan jadi mempunyai warna tersendiri, termasuk lagu JARUM NERAKA yang sudah sangat bagus dibawakan Nicky dan image-nya sudah sangat lekat, tapi Gito mampu mengakalinya dengan pola aransemen yang beda. Versi Gito ini terdengar meriah dengan hiasan brass section di sepanjang lagu, mengingatkan kita pada ciri khas Band Rollies. Intepretasi Gito yang lentur membuat lagu ini mempunyai nyawa baru, sangat beda dengan versi Nicky. Tidak heran lagu versi Gito inipun bisa diterima pasar dengan cukup baik. Album ini juga semacam album The Best karena menampilkan hits-hits lama Gito baik karir solonya maupun bersama The Rollies.

Track List:

1. JARUM NERAKA
Ian Antono & Areng Widodo
2. SESUAP NASI
Youngky
3. TRAGEDI BUAH APEL
Ithinx
4. BAIT BAIT MEMORY
Uce F. Tekol
5. BERSAMA LAGI
Jimmie Manoppo
6. BERITA DUNIA
Uce F. Tekol
7. BURUNG KECIL
Uce F. Tekol
8. MABUK CINTA
Harry Sabar
9. REMBULAN
TZ Iskandar
10. NAH
Uce F. Tekol




JARUM NERAKA

Jarum jarum tajam menghunjam urat nadi
Wajahmu memucat, darahmu beku lagi
Ingin kau memaksa namun tak kuasa
Dirimu terancam dalam bahaya

Jarum-jarum setan bisa mencabut nyawa
Bila kau tak cepat berhenti memakainya
Tanpa kau sadari, tanpa engkau rasakan
Kau bunuh dirimu secara perlahan

Tak seorangpun yang bisa bikin engkau berhenti
Bila kau mau yang bisa hanya dirimu
Dirimu sendiri..

Jiwamu selalu dalam bahaya
Terancam setan jarum neraka
Jarum neraka.. jarum neraka..
 

Monday, February 4, 2013

Wisnu - Lupakan Saja


Judul Album : Lupakan Saja
Artis : Wisnu
Tahun Produksi : 1997
Produksi : Music Plus
Distributor : Musica Studio's

Menjadi penyanyi memang harus punya keunikan tersendiri, bukan hanya materi vocal dan kepiawaian mengintepretasi lagu, tapi masalah 'nama panggung' juga penting. Itulah mengapa banyak penyanyi yang harus mengganti namanya menjadi lebih komersil dan mudah diingat, tujuannya adalah agar orang lebih gampang mengenali namanya. Nama menjadi tidak masalah bila karakter penyanyinya sudah sangat kuat. Ini yang mungkin tidak 'disadari' ketika seorang penyanyi hanya memakai nama WISNU tanpa embel-embel apapun. Mungkin ingin terdengar simpel, tapi sebaliknya nama yang sangat simpel justru mudah terlupakan dan tidak spesifik karena nama Wisnu tergolong generik. Wisnu pertama muncul dan mencetak hits saat berdua dengan CONNY DIO merilis lagu soundtrack sinetron BELENGGU PINTU CINTA. Sukses itu coba dilanjutkan saat Wisnu merilis album solonya berjudul LUPAKAN SAJA, yang mengandalkan duetnya bersama Conny Dio di lagu DOA SEORANG KEKASIH. Sayangnya, duet mereka ini tidak seberhasil Belenggu Pintu Cinta, walaupun duet mereka ini sebenarnya terdengar solid dan saling mengisi. Album ini tidak berhasil di pasaran, dan nama WISNU pun urung melejit. Ironisnya, bila menyebut lagu Belenggu Pintu Cinta yang ada di benak adalan nama CONNY DIO, sementara nama penyanyi yang berduet dengannya hanya sedikit yang masih ingat, padahal namanya sangat simpel : Wisnu.

Track List:

1. LUPAKAN SAJA
Wisnu
2. DOA SEORANG KEKASIH
Deddy Dores
feat. Conny Dio
3. TANGIS MEREKA
Wisnu & Asep
4. PERCAYALAH
Indra Q & Agus BL
5. BIARKAN
Wisnu & Iyul
6. LUPAKANLAH
Yonnie D & Jaya MS
7. BERJANJILAH KASIH
Iyul, Wisnu, Iyus
8. NAFAS JIWAKU
Wisnu & Asep
9. BUKAN CINTA
Thomas & Wisnu
10. KU TAK PERCAYA
Wisnu




DOA SEORANG KEKASIH

Ditengah malam yang sunyi begini
Melintas bayanganmu
Seutuhnya kuberikan cintaku
Melangkah disisimu

Ku bersujud di tengah malam sepi
Dan berdoa untukmu
Semoga kau takkan lupa ikrarmu
Tuhan merestui

Kuharap engkau mengerti
Bersemilah cintaku cintamu
Untuk selamanya

Biar sejuta goda mengganggu
Ku tetap milikmu
Izinkan aku mendampingimu
Dunia dan akhirat

Tuhan tolonglah aku dan dia
Tunjukkan jalanMu
Jangan pisahkan aku dan dia
Dari tali kasih

Kugenggam jemarimu
Ku ikut denganmu selamanya

Ditengah malam yang sunyi begini
Melintas bayanganmu
Semoga kau takkan lupa ikrarmu
Tuhan merestui

Sophia Latjuba - Tak Ku Biarkan


Judul Album : Tak Ku Biarkan
Artis : Sophia Latjuba
Tahun Produksi : 1999
Music Director : Younky Soewarno, Pongky Prasetyo, Irman SA
Produser : Sunny
Produksi : Metrotama Music Nusantara
Distributor : Blackboard

Musikalitas seorang SOPHIA LATJUBA sangat terasah ketika ditangani INDRA LESMANA yang sangat mengerti bagaimana mengolah karakter vokal Sophie yang unik menjadi lebih kuat. Sayangnya, kekompakan bermusik mereka harus berakhir ketika mereka bercerai. Selepas pisah dari Indra, Sophie mencoba eksis lagi dengan merilis album TAK KU BIARKAN. Pasangan YOUNKY SOEWARNO & MARYATI yang sudah menghasilkan banyak lagu hits didaulat untuk menciptakan lagu andalan. Sebuah lagu yang catchy berjudul TAK KU BIARKAN berhasil ditaklukkan Sophie dengan cukup mantap. Lagu yang menceritakan tentang ketegaran setelah perpisahan itu memang lantas dihubungkan dengan keadaan kehidupan Sophie saat itu, dan biasanya tema lagu yang sesuai dengan keadaan pribadi penyanyinya akan lebih mudah menggaet pasar. Tapi sayangnya, lagu ini tidak berhasil menarik minat pasar. Sempat menjadi radio hits dan klip nya wara-wiri di TV tidak lantas membuat album ini laris. Boleh jadi karena materi album ini yang hanya menampilkan satu lagu baru, sementara sisa lainnya adalah hits lama Sophie yang direkam dalam versi aransemen baru oleh PONGKY PRASETYO dan IRMAN S. ANWAR, yang justru menjadi tidak sekuat versi aslinya. 

Track List:

1. TAK KUBIARKAN
Younky Soewarno & Maryati
2. KABUT DI KAKI LANGIT
Indra Lesmana & Mathias Muchus
3. TAK PERNAH MATI
Indra Lesmana
4. DIAM
Indra Lesmana & Mathias Muchus
5. TIADA KATA
Indra Lesmana & Sophia Latjuba
6. BILA ADA
Indra Lesmana & Mira Lesmana
7. SEANDAINYA
Indra Lesmana & Mira Lesmana
8. DIALAH SEMUA
Andy Ayunir
9. KITA TELAH BERUBAH
Indra Lesmana, Sophia Latjuba, Mira Lesmana



TAK KU BIARKAN

Tak kusesali yang terjadi
Tiada lagi, mimpi telah usai
Bersamamu (biarlah semua berlalu)

Telah kutinggalkan segala luka
Dan kupatahkan keangkuhanku
Membelengguku

Tak kubiarkan selamanya a a a
Rasa cintaku hilang semua
Karena dirimu
Tlah kulupakan semua duka a a a
Dan kusadari arti cinta dalam hidup ini
Bukanlah milikmu, bukanlah untukmu

Kadang aku hampir tak percaya
Dengan ketegaran yang ada
Ku harus mampukan diriku
Tuk melangkah sendiri
Tanpa dirimu..

Sunday, February 3, 2013

Hana Pertiwi - Setan Jalanan


Judul Album : Setan Jalanan
Artis : Hana Pertiwi
Tahun Produksi : 1988
Music Director : Leo Manuputty
Produser : Judhi Kristiantho
Produksi : JK Records

Booming penyanyi anak-anak di era 70an telah melahirkan banyak nama yang kemudian beberapa diantaranya tetap eksis di industri musik. Memasuki era 80an, rupanya pasar musik tidak begitu 'ramah' dengan penyanyi anak-anak. Hanya ada sedikit nama yang muncul, salahsatunya adalah HANA PERTIWI yang muncul dengan album SUSU SUSU dan langsung mencuri perhatian. Memasuki masa remaja, Hana mencoba terus eksis dengan merilis album berjudul SETAN JALANAN, agak mengejutkan karena genre yang dipilih adalah POP ROCK, dan yang juga mengejutkan adalah album ini diproduksi oleh JK RECORDS yang saat itu dikenal sebagai produsen lagu-lagu pop melankolis, tidak heran di cover album ini sampai perlu ditulis 'POP ROCK ELITE CREATIF', mungkin untuk menegaskan bahwa produksi JK kali ini berbeda. Sebagai lagu andalah terpilih lagu SETAN JALANAN hasil karya NOSITA yang sebelumnya sukses membuat lagu-lagu riang tematis untuk HEIDY DIANA. Materi lagunya sendiri sebenarnya cukup ngerock, sayang aransemennya terdengar nanggung, terlalu light untuk ukuran pop rock era itu yang berkiblat pada hentakan progresif ala garapan musik IAN ANTONO untuk NICKY ASTRIA. Alih-alih mengandalkan raungan gitar yang menjadi icon rock saat itu, aransemen lagu ini lebih didominasi oleh brass section. Untungnya progresi bass dan hentakan drum masih kental dengan patron rock. Intepretasi Hana atas lagu ini juga tidak terlalu ngerock. Hana justru tampil pas saat menyanyikan lagu slow rock ballad KEMANA KU BERJALAN. Dan terbukti, lagu ini lebih banyak disukai dan diputar di radio-radio dibanding SETAN JALANAN yang menjadi andalan. Lagu ini juga kemudian sempat dirilis ulang oleh FREDDY TAMAELA dan cukup mendapat sambutan. 

Track List:

1. SETAN JALANAN
Nosita
2. KEMANA KU BERJALAN
Leo Manuputty
3. SIAPA KAMU
Erick Van Houten
4. KULIHAT RINDU DIMATAMU
Varlin HG
5. AWAL ASMARA
Ucu Halipas
6. LANGKAH DISCO
Ithinx
7. CERITA CINTA
Mario AP
8. KAGUM
Anci La Ricci
9. ADUH MAMA
Erns F. Mangalo
10. PERGI
Eddy L.



KEMANA KU BERJALAN

Di ujung senja
Mentari merah tenggelam dalam kelam
Burung-burung beterbangan
Terbang beriringan
Bercerita tentang kisah silam

Di ujung jalan
Dibalik duka yang lama telah terpendam
Dibalik senyum bertahan
Dalam kegelapan
Itulah kisah anak manusia

Oh.. dimanakah keadilan
Yang didamba setiap insan di dunia

Kemana, kemanakah ku berjalan
Dimana, dimanakah kau pahlawan
Malam makin kelam
Dingin pun mencekam
Namun esok hidup ini kan berjalan
 

Saturday, February 2, 2013

Irianti Erningpraja - Senyumlah Sayang


Judul Album : Senyumlah Sayang
Artis : Irianti Erningpraja
Tahun Produksi : 1989
Music Director : Elfa Secioria, Dwiki Dharmawan, Doddy Sukaman
Produser : Dorie Kalmas
Produksi : Grammy Records

Setelah sukses dengan album ADA KAMU, IRIANTI ERNINGPRAJA kemudian merilis album AKU CINTA, AKU RINDU tapi sayang tidak bisa menyamai sukses Ada Kamu yang fenomenal. Dua tahun setelah album Aku Cinta, Aku Rindu, Irianti kembali merilis album berjudul SENYUMLAH SAYANG. Kali ini Irianti dibantu oleh sederet arranger handal seperti ELFA SECIORIA yang memang sejak awal mengawalnya, kemudian DWIKI DHARMAWAN, DODDY SUKAMAN dan HERMAN GELLY. Lagu andalan di album ini adalah SENYUMLAH SAYANG yang diciptakannya bersama ELFA SECIORIA dan INGRID WIDJANARKO. Sebuah lagu medium beat yang simpel dibalut aransemen khas Elfa yang mengandalkan bebunyian dari keyboard. Easy listening, tapi memang tidak sekuat lagu ADA KAMU. Lagu ini gagal menjadi hits besar, hanya sempat menjadi radio hits saja. Di album ini juga disertakan single hits milik Irianti bersama VONNY SUMLANG dan ENDAH SOEBROTO yang teragabung dalam ISO GIRLS berjudul 1001 MALAM. Ironisnya, lagu ini malah terdengar lebih kuat dari lagu andalan album ini. 

Track List :

1. SENYUMLAH SAYANG
Elfa Secioria, Irianti Erningpraja, Ingrid Widjanarko
2. DETIK DETIK CINTA
Doddy Sukaman & Yani
3. TEGAR
Yadie Kalmas
4. TAKKAN SIRNA
Hentriesa & Irianti Erningpraja
5. CINTA
Elfa Secioria & Irianti Erningpraja
6. KESIBUKAN
Yadie Kalmas
7. CERIA
Doddy Sukaman
8. KECEWA
Eramono Soekaryo
9. KAWAN
Irianti Erningpraja
10. 1001 MALAM
Dorie Kalmas
with ISO Girls




SENYUMLAH SAYANG

Kusapa kau diam, kutanya kau marah
Aku jadi resah, jadi salah tingkah
Tapi bagaimanakah bila ku tak tahu
Salahku padamu kasih

Kusapa kau diam, kutanya kamu marah
Mengapa begitu, koq gini jadinya
Semuanya serba salah membuatku bingung
Ku bingung, aku jadi bingung

Senyumlah sayang seperti dahulu
Senyumlah sayang jangan kau membisu
Katakan semua, katakan salahku
Oh ku rindu bermesraan denganmu

Friday, February 1, 2013

Malyda - Awas


Judul Album : Awas
Artis : Malyda
Tahun Produksi : 1989
Produser : Deddy Dhukun
Produksi : Harpa Records
Distributor : Atlantic Records

Meskipun berkarir di industri musik sudah cukup lama, tapi MALYDA terbilang 'telat ngetop'. Setelah merilis beberapa album dengan berbagai genre, namanya masih belum terangkat. Beruntunglah ketika akhirnya namanya meroket saat merilis single SEMUA JADI SATU bersama 2D yang laris manis itu. Setelah itu lagu-lagu hitsnya bermunculan baik solo maupun ber grup bersama RUMPIES, 7 BINTANG dan lainnya, yang tersebar dalam album-album kompilasi yang marak di akhir 80an. Ketika akhirnya merilis album solo setelah 'ngetop', Malyda tentu tidak ingin sembarangan. Maka album yang kemudian diberi judul AWAS inipun digarap oleh sederet arranger dan komposer kelas satu seperti ERWIN GUTAWA, YOUNKY SOEWARNO, FARIZ RM, DODO ZAKARIA, DIAN PRAMANA POETRA, DEDDY DHUKUN, RAIDY NOOR dan AMINOTO KOSIN. Sesuai dengan karakter vokalnya yang centil, lagu andalan AWAS yang awalnya berjudul NAKAL inipun tampil genit dan pantas menjadi single pertama untuk membuka pasar. Lagu-lagu lainnya juga tampil cukup menjanjikan dan berhasil juga menjadi radio hits seperti SALAHKAH AKU yang melodius, atau KEMARAU DI PARIS dan GALAU ASMARA yang progresif, serta warna pop rock yang ditampilkan di lagu JANGAN DITIRU, sebuah lagu yang juga sempat dirilis oleh NICKY ASTRIA. Meskipun tidak sesukses single SEMUA JADI SATU yang menjadi all time hits, album ini cukup bagus diterima pasar.

Track List:

1. AWAS
Dian Pramana Poetra & Deddy Dhukun
2. SALAHKAH AKU
Erwin Gutawa & Deddy Dhukun
3. GALAU ASMARA
Fariz RM
4. KAMU CURANG
Erwin Gutawa & Deddy Dhukun
5. TAK JADI TAK APA
Arie Satyawan & Eppy Budaya
6. SEMUA ADA
Dodo Zakaria & Deddy Dhukun
7. YANG PASTI SATU
Dian Pramana Poetra & Deddy Dhukun
8. SIAPA TAHU
Dian Pramana Poetra & Deddy Dhukun
9. KEMARAU DI PARIS
Sonny Soebowo & Fariz RM
10. JANGAN DITIRU
Younky Soewarno & Deddy Dhukun




AWAS

Dahulu kamu teman, teman kecilku
Sekarang kamu jadi, jadi pacarku
Pabila aku ingat ingat kembali
Rasanya ingin senyum senyum sendiri

Dulu kamu nakal suka menggangguku
Suka mencubitku hingga ku menangis
Sekarang juga nakal suka membuatku
Marah dan cemburu
Nakal.. nakal.. nahh...

Tetapi aku sayang, sayang padamu
Seperti kamu cinta, cinta padaku

Awas.. awas ya kamu..
 

Gladys Suwandhi - Terlalu


Judul Album : Terlalu
Artis : Gladys Suwandhi
Tahun Produksi : 1989
Music Director : Pance Pondaag & Iwan JG
Produser : Pance Pondaag
Produksi : JK Records

Kemunculan GLADYS SUWANDHI di industri hiburan lewat film YANG MASIH DIBAWAH UMUR langsung mencuri perhatian. Tatapan sendu dibalik wajah indo-nya yang cantik menjadi pujaan banyak orang saat itu, terlebih ketika dia kemudian juga membintangi sinetron serial kondang PONDOKAN di TVRI. Sukses di dunia akting dan model, Gladys kemudian mencoba terjun ke dunia musik dengan merilis album pertamanya TERLALU. Melihat nama PANCE PONDAAG sebagai komposer dan arranger, serta label JK RECORDS yang menaunginya, boleh jadi dengan mudah orang akan menebak lagu-lagu seperti apa yang dibawakan Gladys. Nyatanya, berbeda dengan rekan-rekannya di JK Records saat itu yang menyanyikan lagu-lagu pop melankolis yang mendayu-dayu, lagu andalan TERLALU adalah sebuah lagu pop bernuansa dixie yang segar dan jauh dari kesan 'cengeng' meskipun liriknya bercerita tentang pengkhianatan. Lagu ini pas dengan range vokal Gladys yang tidak terlalu lebar.  Begitupun lagu DARI HATI YANG TULUS, yang meskipun lagunya khas Pance tapi pola aransemennya lebih mengarah ke pop kreatif. Warna pop rock juga dimunculkan di lagu KAU IDOLAKU yang coba diintepretasikan Gladys dengan tarikan vokal ngerock juga meskipun tidak pas dengan karakter vokalnya dan terdengar maksa. Overall, album ini memang terdengar beda dengan produksi JK Records pada umumnya. Sebagai langkah awal, album ini cukup berhasil mengangkat nama Gladys sebagai penyanyi.

Track List:

1. TERLALU
Pance Pondaag
2. DARI HATI YANG TULUS
Pance Pondaag
3. KAU IDOLAKU
Iwan Tivi
4. APA ARTINYA ?
Iwan JG & Anci La Ricci
5. KARENA KAMU
Iwan Tivi
6. ADAKAH KEKASIH
David Messakh
7. MASIH SEKOLAH
Anci La Ricci
8. TAK TIK TAK
Joko Esha
9. AKU SUKA KAMU
Sidharta
10. JUJURLAH
Pance Pondaag




TERLALU

Ternyata ada 
Dia yang lain di hatimu
Pandainya dikau menutupinya
Terlalu...

Cukuplah sudah
Sampai disini semuanya
Tertutup sudah 
Pintu hatiku kepadamu

Kau pikir aku tak sanggup
Kau pikir aku tak mungkin
Melupakan segalanya,
Melupakanmu

Kupikir-pikir
Mendingan kini ku sendiri
Bebas kemana
Tanpa kau lagi menggangguku