Thursday, January 31, 2013

Iis Sugianto - Cinta Pertama


Judul Album : Cinta Pertama
Artis : Iis Sugianto
Tahun Produksi : 1990
Music Director : Mac Chew
Produser : Muhammad Rizal
Produksi : Muhammad Rizal Production & DD Records
Distributor : Atlantic Records

IIS SUGIANTO memang lebih dikenal sebagai penyanyi di jalur pop melankolis pasca suksesnya album JANGAN SAKITI HATINYA dan sederet album-album lainnya di genre ini pada era 80an. Tapi sebenarnya awal karirnya justru dimulai di jalur pop kreatif. Setelah satu dasawarsa, akhirnya Iis kembali masuk di jalur pop kreatif dengan merilis album berjudul CINTA PERTAMA. Album ini menampilkan lagu-lagu komposer hitsmaker saat itu seperti ODDIE AGAM, TITO SOEMARSONO, DEDDY DHUKUN dan ADJIE SOETAMA. Proses rekaman dilakukan di Malaysia dan digarap oleh musisi-musisi sana, dengan MAC CHEW sebagai music director. Memang, awalnya album ini diniatkan untuk diproduksi dan dipasarkan hanya di Malaysia. Tapi sebuah radio kondang di Jakarta memutar lagu CINTA PERTAMA dan ternyata mendapat sambutan yang cukup bagus dari pendengar, hingga akhirnya album inipun dirilis di Indonesia, meskipun ternyata ditanggapi biasa-biasa saja di pasaran. Sebenarnya materi album ini sangat menjanjikan. Lagu CINTA PERTAMA yang groovy terdengar sangat catchy, juga lagu SUNGGUH yang nge-jazz sebenarnya potensial hits. Mungkin hoki Iis memang bukan di jalur pop kreatif, tapi setidaknya album ini menunjukkan bahwa sebagai seorang penyanyi profesional Iis mampu menunjukkan kelasnya. Selain lagu-lagu baru, album ini juga memuat lagu-lagu legendaris yang diintepretasi ulang dengan warna modern seperti lagu TIGA MALAM, JAUH DISAYANG, AZIZAH dan CITRA, yang juga sempat dirilis tersendiri disini dalam mini album berjudul AZIZAH.

Track List:

1. CINTA PERTAMA
Oddie Agam
2. SUNGGUH
Tito Soemarsono
3. JANGAN KATAKAN
Adjie Soetama
4. SERIBU TAHUN LAGI
Deddy Dhukun
5. KURUS KERING
Oddie Agam
6. CITRA
Sam & Jaka Bimbo
7. JAUH DISAYANG
Charles Hutagalung
8. TIGA MALAM
Lilis Suryani
9. AZIZAH
P. Ramlee
10. AKU PERCAYA
Deddy Dhukun




CINTA PERTAMA

Menyusuri perjalanan hidup
Penuh dengan teka-teki
Hari demi hari, cinta demi cinta
Datang dan pergi

Setiap langkah selalu berjanji
Pengalaman yang semakin mesra
Tetap dihatiku terbayang memori 
Masa-masa (bersamanya)

Oh cinta pertama
Yang tak akan kulupa

Persiapan untuk bermalam minggu
Menebar warna kesukaannya
Saat pertama jemari saling bertemu

Sebulan aku menunggu kecupan
Biar oh hanya di pipi kanan
Tapi hangatnya terasa
hingga ke esok hari
Indahnya cinta pertama

Cinta pertama.. cinta pertama..
Indahnya cinta pertama

Wednesday, January 30, 2013

Ulfiana Syahroel - Ayah


Judul Album : Ayah
Artis : Ulfiana Syahroel
Tahun Produksi : 1986
Music Director : Iwan Setia
Produser : Senjaya Wijaya
Produksi : Musica Studio's

Sukses OBBIE MESSAKH di industri musik Indonesia memang terhitung fenomenal di era 80an. Nyaris semua penyanyi yang menjagokan lagu ciptaannya saat itu berhasil menembus pasar. Fenomena ini rupanya dilirik oleh MUSICA STUDIO'S dengan mendapuk Obbie menciptakan sesuatu yang beda dari yang sudah ada : lagu anak-anak. Tidak mudah membuat lagu anak-anak yang bagus, terlebih untuk Obbie yang namanya telanjur lekat dengan lagu pop melankolis. Tapi rupanya tantangan itu dijawab Obbie dengan menciptakan 2 buah lagu untuk ULFIANA SYAHROEL, seorang penyanyi anak-anak baru. Nyatanya, secara struktur, lagu anak-anak versi Obbie ini hanya beda di lirik lagu dari lagu-lagu Obbie kebanyakan. Melodinya tetap khas Obbie, dengan aransemen musik yang juga tidak terlalu anak-anak. Bahkan kalau dicermati, lagu AYAH mempunyai struktur melodi dan lirik yang mirip dengan lagu IBU ciptaan RINTO HARAHAP. Tidak hanya menciptakan lagu, Obbie juga tampil di 2 lagu itu dengan dialog dan puisi. Meskipun tidak terlalu sukses, tapi album ini cukup bisa diterima pasar. Lagu AYAH dan ISTILAH PERIBAHASA sering diputar di radio-radio saat itu. Sayangnya, nama Ulfiana Syahroel tidak begitu terangkat. Setelah dewasa, Ulfiana Syahroel sempat merilis album LEPASKANLAH dengan menggunakan nama ULFIE dan mendapat sambutan bagus, tapi entah mengapa karirnya tidak berlanjut.

Track List:

1. ISTILAH PERIBAHASA
Obbie Messakh
feat. Obbie Messakh
2. AYAH
Obbie Messakh
feat. Obbie Messakh
3. SENANDUNG PILU
Louise Komala
4. CITA CITA ANAK DESA
Mully M.
5. TUHAN
Nano Noor AG
6. ORANG TUA ASUH
Maxie Mamiri
7. KORBAN BENCANA
Nano Noor AG
8. DOA UNTUK PAPA
Ririn S.
9. INDONESIA JAYA
Iwan Setia
10. NYANYIAN ANAK NELAYAN
Ririn S.




AYAH

Ayah, masih adakah wajah ini dimatamu
Yang sedang sendiri menatap bisu
Lukisan dirimu
Dan menangis dan memanggil lagi namamu

Ayah, masih adakah nama ini dihatimu
Yang pernah kau belai hangat tanganmu
Dan kau ceritakan tentang indahnya
Gereja tua disana

Walau indah lagumu
Walau mesra salammu
Aku tak mau
Walau jauh disana
Walau sepi disini
Aku anakmu

Ayah sambutlah tanganku
Belailah (peluklah) diriku
Seperti yang lalu waktu aku disampingmu

Ayah, genggam tanganku di malam ini untukmu
Kubawa namamu dalam doaku pada Yang Kuasa
Bentangkanlah jalan bagimu bagiku
Bersatu kembali

Tuesday, January 29, 2013

Bimbo - Cinta Kelestarian


Judul Album : Cinta Kelestarian
Artis : Bimbo
Tahun Produksi : 1982
Produksi : Irama Tara

BIMBO dikenal dengan lagu-lagunya yang melodius dan berlirik puitis. Walaupun banyak menghasilkan beragam lagu dengan berbagai genre, tapi image sebagai penembang lagu-lagu sendu semacam MELATI DARI JAYAGIRI, FLAMBOYAN, BALADA SEORANG BIDUAN, ADINDA, SENDIRI dan lain-lainnya tetap menancap kuat di benak penikmat musik. Maka ketika di awal eara 80an BIMBO mencoba membuat album-album dengan tema lingkungan hidup atau kondisi sosial saat itu, tetap ditampilkan lagu-lagu melodius dan puitis, dan biasanya memang lagu seperti itulah yang melejit menjadi hits. Seperti dalam album berjudul CINTA KELESTARIAN ini. Dari judul albumnya terdengar seperti sebuah album yang sarat dengan nilai-nila kecintaan terhadap kelestarian alam, tapi materi album ini tidak sepenuhnya begitu. Memang ada lagu seperti CERITA DARI PANTAI CARITA yang bercerita tentang kedahsyatan meletusnya gunung Krakatau, atau remake lagu ANTARA BOGOR & CIANJUR yang menceritakan perjalanan sepanjang Bogor sampai Cianjur yang sudah tidak seasli dan seasri masa lalu. Tapi yang berhasil mencuri perhatian adalah versi baru lagu MAWAR ASUHAN REMBULAN yang memang sangat khas Bimbo. Lagu dengan iringan akustik gitar dan liukan biola serta dibawakan dengan suara khas SAM yang lembut dan menghanyutkan memang sebuah kombinasi yang sangat kuat. Lagu yang sempat dirilis di tahun 1979 itupun berhasil melejit lagi menjadi hits. Lagu ini memang merupakan salahsatu lagu legendaris Bimbo yang masih terus disukai sampai saat ini.

Track List:

1. CERITA DARI PANTAI CARITA
Jaka & Acil
2. MAWAR ASUHAN REMBULAN
Sam & Jaka
3. ANTARA BOGOR DAN CIANJUR
Jaka, Sam, Acil
4. BIANGLALA
Jaka & Zablas
5. POHON TERAKHIR
Sam & Iin
6. DISELA DAUN YANG GUGUR
Bimbo
7. LAGU DARI TENGGARA
Bimbo
8. LAGU DUKA DI PADANG LARA
Sam
9. KEMBANG MAYANG
Emma Majid
10. REMBULAN
Jaka & Sam




MAWAR ASUHAN REMBULAN

Bertahun lamunan menjumpaimu
Tersangkut di sela purnama
Daun yang gugur telah lama kering
Namun nostalgia bersamamu tak pernah gersang

 

Selembar benang sutera yang terurai
Bersinar ceria menyala
Setulus cintamu pada diriku
setegar cadas keras yang berdiri tegak


Indah pelabuhan Sunda Kalapa
Burung camar riang menari-nari
Dua insan meningkat birahi
memakzulkan diri sehidup semati


Tirai semu datang tak terhindarkan
Dua hati terbalut luka
Suwarga khayal cinta kita berdua
Akhirnya hilang terkubur nestapa


Tertegun sejenak lamunan diri
Terdengar lirih suaramu
Dikaukah mawar asuhan rembulan
Kembali padaku membuka lembaran baru


Banyak cerita cinta yang terlarang
Banyak cerita duka yang terkarang
Cinta lama yang dulu lelap tidur
Kini mekar lagi untuk selamanya

Monday, January 28, 2013

Bunga - Untukmu, Galang


Judul Album : Untukmu, Galang
Artis : Bunga
Tahun Produksi : 1997
Produser : Ali Akbar
Produksi : Ken Project
Distributor : Metrotama 

Sebagai anak dari penyanyi sekondang IWAN FALS, nama GALANG RAMBU ANARKI memang sudah mendapat tempat tersendiri di hati fans Iwan, karena sejak masih bayi namanya sudah diabadikan dalam sebuah lagu berjudul GALANG RAMBU ANARKI yang menjadi hits besar Iwan. Maka tidak heran ketika Galang beranjak remaja dan mulai ngeband, sosoknya pun lantas cepat menjadi perhatian publik, terlebih dengan penampilannya yang slengekan, plus keputusannya untuk tidak sekolah karena ingin serius di musik tentu tidak mudah dilakukan oleh anak-anak seusianya saat itu. Band bentukan Galang bernama BUNGA pun mulai terdengar. Kelompok dengan formasi GALANG (Rhythm Guitar), TONY (Vocal), DANIAL (Bass), OKA (Drums) dan ERRY (Lead Guitar) inipun dilirik KEN PROJECT untuk merilis album. Sayangnya, ketika album pertama mereka masih dalam proses, GALANG ditemukan tewas di kamarnya. Kepergian mendadak yang mengagetkan dan menjadi berita besar saat itu membuat nama BUNGA pun menjadi bahan pembicaraan dan orang-orang penasaran dengan album mereka yang masih dalam proses. Akhirnya, dengan bantuan DIDI PANHEAD sebagai gitaris additional, album pertama BUNGA kemudian dirilis dengan judul UNTUKMU, GALANG. Lagu andalan KASIH, JANGAN PERGI seperti menjadi obituari untuk Galang, dan dengan cepat menjadi hits. Album perdana mereka laris manis di pasaran dan nama mereka terangkat naik. Tapi sayangnya, nama besar GALANG memang sangat berpengaruh bagi BUNGA. Setelah album ini mereka beberapa kali merilis album tapi tidak berhasil menembus pasar. Sampai tahun 2012 dengan hanya 2 personel mereka masih eksis dan merilis album tapi tetap tidak bisa mengangkat kembali nama mereka.

Track List :
(semua lagu ciptaan Bunga)

1. KASIH, JANGAN PERGI
2. GILA
3. HADAPI
4. PALKON
5. BOBBY WANTS TO DESTROY
6. FITNESS
7. MELAYANG
8. PAEDOPHILIA
9. BUNGAKU
10. CERIA




KASIH, JANGAN PERGI

Wajahmu selalu terbayang
Dalam setiap angan
Yang tak pernah bisa hilang
Walau sekejap

Ingin selalu dekat denganmu
Enggan hati berpisah
Larut dalam dekapanmu
Setiap saat

Oh kasih, jangan kau pergi
Tetaplah kau selalu disini
Jangan biarkan diriku sendiri
Larut di dalam sepi

Peluklah dalam belaianmu
Tiada pernah kulepas
Biarlah dirimu kumanja
Dalam pelukan

Gemulai setiap gerakanmu
Membuatku selalu rindu
Kukecup lembut bibirmu
Ku sayang padamu
 

Sunday, January 27, 2013

Ermy Kullit - Sendiri


Judul Album : Sendiri
Artis : Ermy Kullit
Tahun Produksi : 1995
Music Director : Ireng Maulana & Utam EAR
Produser : Widyanarto
Produksi : Granada Records

Kolaborasi ERMY KULLIT dan IRENG MAULANA terbukti sangat solid di era 80an. Lewat sederet album pop jazz-bossanova yang mereka rilis, nama mereka boleh dibilang yang terdepan di genre itu. Memasuki era 90an ketika peta pasar musik kita mulai bergeser,  album yang mereka hasilkan mulai sepi peminat. Dan entah apakah karena alasan itu, kolaborasi Ermy dan Ireng mulai tidak total. Seperti terlihat di album SENDIRI ini, tidak seperti biasanya, kontribusi Ireng hanya 25 persen saja dari keseluruhan album. Ireng hanya terlibat di 2 lagu, sisanya digarap oleh UTAM EAR. Lagu yang dijagokan adalah superhits milik TITIK PUSPA yang juga kondang dibawakan BIMBO berjudul SENDIRI. Saat itu memang sedang demam merilis ulang lagu-lagu era 70an dalam warna modern. Sebuah intepertasi yang sebenarnya keren dari Ermy dan Ireng, tapi sayangnya tetap tidak bisa mengembalikan kejayaan kolaborasi mereka di era sebelumnya. Ermy juga me-remake superhits milik PANCE PONDAAG berjudul KUCARI JALAN TERBAIK atau yang dikenal juga dengan judul KUCOBA BERTAHAN, dan uniknya di album Ermy ini menggunakan judul SANDIWARA. 

Track List:

1.SENDIRI
Titiek Puspa
2. AKU KAN DATANG LAGI
Ireng Maulana
3. SANDIWARA
Pance Pondaag
4. KHAYAL
Ermy Kullit
5. AKU MASIH CINTA
Utam EAR
6. INGKAR
EK Pro
7. RESAH
Nan A. Buamona
8. PENANTIAN
Utam EAR




SENDIRI

Sendiri, kini aku sendiri lagi
Entah sesal, entah hati pedih
Tak peduli..
Sendiri, mungkin lebih baik begini
Tak peduli apa kata hati

Biarkan dimanapun aku berada
Jangan datang atau kirim salam
Tanda cinta...
Kututup mata dan hati untuk cinta
Karena antara dikau dan aku
Telah terlarang ada cinta

Masih terbayang dalam ingatanku
Waktu kau mengambil putusanmu
Kau pergi dengan wajah penuh duka
Kau bisikkan kau tetap menyinta

Sendiri, berteman duka dan airmata
Bercumbu dengan duka nestapa
Dan merana...
Mengapa harus terlambat kita berjumpa
Demikian pernah kau ucapkan
Dengan derai airmata

Dulu segalanya indah bercahaya
Kini hambar, muram tiada warna
Dahulu penuh canda tawa riang
Kini bisu, membeku dan sendu

Lara... sendiri.. 

Thursday, January 24, 2013

Dina Mariana - Jejaka



Judul Album : Jejaka
Artis : Dina Mariana
Tahun Produksi : 1984
Music Director : Iwan JG
Produser : Hartono Hendra
Produksi : Akurama Records
Distributor : Windu Angkasa Audio


Seorang komposer yang bagus memang seharusnya bisa menciptakan lagu sesuai dengan karakter penyanyi yang akan membawakan lagu-lagunya, meskipun sang komposer susah sangat identik dengan salahsatu jenis lagu. Menyebut nama PANCE PONDAAG, yang terbayang di benak sudah pasti lagu-lagu pop melankolis yang memang banyak diciptakannya dan mendulang sukses besar. Lalu saat Pance diminta menciptakan lagu untuk DINA MARIANA, kira-kira lagu seperti apa yang akan diberikannya ? DINA MARIANA memang lebih pas menyanyikan lagu-lagu riang. Dari sederet album yang dihasilkannya, rata-rata yang berhasil di pasaran adalah lagu dengan tempo medium sampai upbeat, sehingga di era 80an banyak lagu-lagunya yang dipakai sebagai lagu pengiring tarian anak-anak dan remaja di acara perpisahan sekolah atau panggung hiburan 17 agustus. Maka sangat jenius ketika Pance tidak memberikan lagu sendu untuk Dina, melainkan sebuah lagu riang berjudul JEJAKA yang berbeda dengan ciptaan Pance pada umumnya. Dengan polesan aransemen yang bernuansa new wave, lagu ini memang catchy dan gampang disukai. Tidak heran lagu ini melesat menjadi hits dan menguasai chart-chart radio saat itu, bahkan lagu ini menjadi salahsatu all time hits Dina Mariana. 

Track List :

1. JEJAKA
Pance Pondaag
2. KEMANA KUCARI
Adriadi
3. KRISNE
Iwan & Yohannes
4. HARAPAN DIRI
Insan Muslihat
5. G R
Pipit Lengkong
6. ROCK N ROLL
Iwon Soetomo
7. ABADI SELAMANYA
Benny Van Houten
8. CERIA DI DESA
Dank Yosmita
9. MABUK CINTA
Ferry Atmadibrata
10. BANGKITNYA SEBUAH GENERASI
Soedanna Srinardie
11. SENADA CINTA
Onny Machsoos




JEJAKA

Jejaka, yang simpati penuh kelembutan
Kau getarkan rasa rindu dalam hati ini
Jejaka, kaulah awal dari segalanya
Perasaan bagai melayang diatas sana
Tak terlukiskan

Ku diam diam diam dan malu malu didepanmu
Tapi getaran rindu di dalam hatiku membara

Jejaka, mungkin hati ini masih malu
Kau kutunggu di malam-malam yang sepi ini
Oh Kekasihku..

Wednesday, January 23, 2013

Hetty Koes Endang - Bing & Nona Anna


Judul Album : Bing & Nona Anna
Artis : Hetty Koes Endang
Tahun Produksi : 1976
Produksi : Purnama Records

FESTIVAL PENYANYI POPULER Tingkat Nasional adalah sebuah ajang bergengsi yang telah melahirkan sederet penyanyi hebat di Indonesia pada era 70an. Tidak sembarangan penyanyi bisa menjadi finalis di ajang ini, maka tidak heran begitu mereka menjadi finalis apalagi berhasil menang, nama mereka akan segera meroket. Tahun 1976 Festival ini menetapkan GRACE SIMON sebagai pemenang pertama, dan namanya langsung melejit seusai kemenangan itu. Di urutan kedua dan ketiga ada HETTY KOES ENDANG dan DIAH ISKANDAR, dan nama merekapun ikut mencorong. Selepas festival ini Hetty langsung dilirik produser untuk rekaman album, dan hasilnya adalah album berjudul BING & NONA ANNA ini. Memang bukan lagu baru karena lagu BING adalah hits dari GRACE SIMON dan NONA ANNA adalah hits dari ADE MANUHUTU, tapi lagu versi Hetty ini juga cukup bagus mendapat sambutan. Nama Hetty pun meroket sebagai penyanyi penuh harapan, apalagi ketika setahun kemudian di Festival yang sama, Hetty berhasil menyabet juara pertama. Side B album ini berisi lagu-lagu dari IVO NILAKRISHNA, IWAN dan SUNNY.

Track List:
(track 1-9 Hetty Koes Endang, track 10-19 composer not listed)

1. NONA ANNA
Is Haryanto
2. BING
Titiek Puspa
3. TAKKAN SAMPAI HATI 
Harius
4. TEPUK TANGAN
Harry Toos
5. INDAHNYA CINTA
Joel Rizal
6. MASA DEPAN SURAM
Is Haryanto
7. AWAL JUNI
Is Haryanto
8. CINTA REMAJA
Harry Toos
9. LIHAT DIRIMU SENDIRI
Harius
10. BUNGA TANJUNG
Ivo Nilakrishna
11. JANGAN TINGGALKAN DAKU
Ivo Nilakrishna
12. SURATAN TAKDIR
Iwan
13. KELANA
Ivo Nilakrishna
14. BERTEPUK SEBELAH TANGAN
Bersama
15. RENTAK
Ivo Nilakrishna
16. JANGAN DISESALKAN
Sunny
17. SERINGGIT DUA KUPANG
Ivo Nilakrishna
18. MAINANG PULAU KAMPAIT
Ivo Nilakrishna
19. TANJUNG KATUNG
Ivo Nilakrishna




BING

Siang itu surya berapi sinarnya
Tiba tiba redup, langit gelap
Hati yang bahagia tersentak seketika
Malapetaka seakan menyelinap

Berita menggelegar aku terima
Kekasih berpulang tuk selamanya
Hancur luluh rasa jiwa dan raga
Tak percaya tapi nyata

Ku bersimpuh disisi jazad membeku
Doa tulus dan airmata
Segala dosa kupohonkan ampunanNya
Seakan terjawab dan Kau terima

Kapan lagi kita kan bercanda
Kapan lagi bermanja
Kapan lagi nyanyi bersama lagi
Kapan, oh kapan lagi

Tiada hari seindah dahulu lagi
Tiada mungkin kembali
Tiada nama seharum namamu lagi
Tiada, tiada Bing lagi

Tuesday, January 22, 2013

Puput Novel - Kau Idolaku


Judul Album : Kau Idolaku
Artis : Puput Novel
Tahun Produksi : 1988
Music Director : Januar Ishak
Produser : Senjaya Wijaya
Produksi : Musica Studio's

Nama PUPUT NOVEL melejit sebagai bintang anak-anak lewat dunia akting dan nyanyi. Sosoknya mencuri perhatian saat berakting di film BUAH HATI MAMA bersama NYONYO SHABIR, RYAN HIDAYAT, WIDYAWATI dan SOPHAN SOPHIAAN. Sejak itu wajahnya banyak menghiasi film-film, serta album-album yang dirilisnya lumayan sukses, salahsatunya adalah album BERKEBUN. Menginjak masa remaja, Puput mencoba terus eksis dengan meluncurkan album rekaman. Yang agak mengejutkan adalah, Puput mencoba tampil di album KAU IDOLAKU ini dengan genre pop rock, sementara sosoknya selama ini dikenal halus dan sangat girly. Boleh jadi kejutan seperti ini memang diperlukan untuk menarik perhatian. Sayangnya materi vokal Puput memang tidak pas untuk membawakan lagu-lagu pop rock, sehingga upaya untuk mencuri perhatian inipun tidak berjalan sempurna. Album KAU IDOLAKU ditanggapi biasa saja di pasaran, meskipun lagunya sempat menjadi radio hits. Apapun, album ini menjadi album bersejarah bagi Puput karena menjadi tonggak awal karirnya di masa remaja. 

Track List :

1. KAU IDOLAKU
Pompy
2. TANG TING TONG
Chacken M.
3. HEY LELAKI
Bung Amin
4. BIAR SAJA HANCUR MUSNAH
Yonas Pareira
5. LAIN DULU LAIN SEKARANG
Aryo Group
6. BEKERJA DAN PEMBANGUNAN
Harry Van Hove
7. USIA MUDA
Rudy Rampengan
8. MAMA
Arche Rampengan
9. CINTAKU CINTA KETAN
Joko's
10. ABRIKU
Demmy M.
11. CINTAKU TAK DAPAT DIPISAHKAN
Rachmat Sunandar




KAU IDOLAKU

Hey hello hello
Kita jumpa jumpa lagi
Hey hello hello
Senang berjumpa disini

Sekian lama kita tak pernah bertemu
Masihkah ingat kamu saat saat indah dahulu
Bercanda di sekolah bersama selalu

Hey kamu kamu
Kini kau telah remaja
Hey kamu kamu
Kini kau jadi jejaka

Gayamu dan sikapmu kian mempesona
Rapi dalam busana
Jantan dan berwibawa
Hey hey hey aku suka

Kau kau kau kau adalah idolaku
Kau kau kau kau adalah penawar rindu
Dihatiku

Na na na engkau datang lagi
Na na na  kita junmpa lagi
Na na na jangan pergi lagi

Datanglah datang padaku 
Kutunggu di malam minggu
Bercanda seperti dulu
Kau idolaku..
 

Monday, January 21, 2013

Heidy Diana - Ya.. Yang..


Judul Album : Ya.. Yang..
Artis : Heidy Diana
Tahun Produksi : 1987
Music Director : Gunawan AS
Produser : Judhi Kristiantho
Produksi : JK Records

Tahun 1987 adalah tahun keemasan untuk GOMBLOH. Setelah sukses besar lewat album KUGADAIKAN CINTAKU, banyak produser yang kemudian meliriknya untuk membuatkan lagu bagi penyanyi-penyanyi mereka, salahsatunya adalah JK RECORDS. Di label ini, rata-rata penyanyinya saat itu identik dengan lagu-lagu sendu dan melankolis, tentu beda dengan musik yang biasa dibawakan Gombloh. Tapi untungnya JK punya HEIDY DIANA yang memang spesialisnya lagu-lagu riang. Maka terciptalah lagu berjudul YA.. YANG.. yang konon memiliki dua arti. Arti pertama adalah ungkapan persetujuan kepada pacar, dan arti yang kedua adalah lagu ini memang diciptakan khusus untuk Heidy yang punya panggilan kesayangan YAYANG. Sepertinya ini sebuah kolaborasi yang pas, tapi entah kenapa sambutan pasar tidak seperti yang diharapkan. Memang, lagu jagoan Ya.. Yang.. terdengar biasa saja dibandingkan dengan hits-hits Heidy sebelumnya. Album inipun gagal mencetak hits, padahal selang dua bulan setelah rilis album ini, Gombloh meninggal dunia. Momentum ini tetap tidak bisa mengatrol penjualan album. Memang, sebuah kolaborasi yang sepertinya bagus diatas kertas belum tentu menghasilkan output yang sama. 

Track List :

1. YA.. YANG..
Gombloh
2. KATANYA
Thoinx
3. KUMIMPIKAN RINDUKU
Gombloh
4. DIDORONG BARU MAU
Gunawan AS & Teguh WK
5. NAMAMU, BAYU
Vicky Fendi
6. LELAKI MATA KERANJANG
Gunawan AS
7. TERSIMPAN DIHATI
Rachmat AS
8. JATUH CINTA
Gunawan AS
9. TEGA NIAN
Imron R. & Nanda R.
10. JAWABLAH SAYANG
Imron R. & Nanda R.




YA.. YANG..

Syalalala aku rindu kepadamu
Syalalala aku sayang kepadamu

Yang, sedang apa kau
Mungkinkah seperti aku
Yang, adakah hatimu
Mungkin seperti hatiku

Aku bermimpi engkau mencium pipiku
Akupun bernyanyi saat kau usap rambutku

Yang, jawablah sayang
Janganlah engkau membisu
Yang, janganlah begitu
Hati ini kan menunggu

Aku menangis, tangis dalam kerinduan
Akupun menangis, tangis dalam kesepian

Kuingin malam ini
Engkau datang kepadaku menemani
Mungkinkah malam ini
Rindu di hati akan terobati
 

Sunday, January 20, 2013

Rhoma Irama - Stop


Judul Album : Stop
Artis : Rhoma Irama
Tahun Produksi : 1985
Music Director : Rhoma Irama
Produser : Rhoma Irama
Produksi : Soneta Records
Distributor : Asia Records

Seperti lazimnya setiap merilis film baru, RHOMA IRAMA segera merilis album yang berisi lagu-lagu dari film tersebut ke pasaran. Kiat ini selalu sukses membuat film dan album-albumnya laris manis di pasaran. Begitu juga saat Rhoma membintangi film berjudul KEMILAU CINTA DI LANGIT JINGGA. Hanya saja, tidak seperti layaknya album soundtrack film, album ini tidak mengekspose judul filmnya, tetapi menjadikan lagu STOP sebagai judul album, dan keterangan bahwa album ini soundtrack film ditulis kecil di cover album. Filmnya sendiri terhitung sukses di pasaran, demikian juga dengan album STOP ini. Lagu-lagu di album ini nyaris semuanya menjadi all time hits seperti DAWAI ASMARA, TABIR KEPALSUAN, ANTARA TEMAN DAN KASIH, MATAHARIKU dan ADUHAI. Lagu STOP sendiri sempat diikutsertakan sebagai wakil Indonesia di ajang JAKARTA MUSIC FESTIVAL tahun 1991, dan merupakan salahsatu lagu yang sering digunakan SONETA sebagai lagu penutup konser. Di album ini Rhoma menampilkan NUR HALIMAH sebagai pasangan duetnya, dan kalau melihat lirik-lirik di album ini, terlihat kalau Rhoma menjadi sangat puitis, boleh jadi sesuai dengan judul filmnya yang juga puitis. 

Track List :
(semua lagu cipt. Rhoma Irama)

1. STOP
2. DAWAI ASMARA
duet Nur Halimah
3. TABIR KEPALSUAN
4. BAHTERA CINTA
duet Nur Halimah
5. MATAHARIKU
Nur Halimah
6. NILAI SEHAT
7. ADUHAI
duet Nur Halimah
8. LAGI LAGI CINTA
9. ANTARA TEMAN DAN KASIH
Nur Halimah
10. BIMBANG



TABIR KEPALSUAN

Ternyata hatimu buta
Buta karena tabir kepalsuan

Kucoba untuk tidak putus asa
Membuka matahatimu
Kucoba menguakkan tabir penghalang
Cintamu dan cintaku
Kutahu kau terjerat dan terbenam
Dalam kepalsuan
Buta tak dapat lagi membedakan
Siapa dan yang mana.. oh..

Wahai angin pengembara
Terbangkan tirai penghalang dihatinya
Agar merasakan getarannya jiwa
Wahai burung duta suara
Dendangkan lagu untuknya tentang cinta
Agar hirau akan hatiku yang lara

Apakah belum juga kau mengerti ?
Atau memang tiada cinta lagi

Telah kupaparkan segalanya padamu
Siapa diriku..
Kini kupasrahkan kepadamu
Untuk menentukan sikapmu
Kan kuterima itu walaupun hati pedih dan merana
Karena kutahu tak seorangpun bisa
Memaksakan cinta.. oh..

Friday, January 18, 2013

Harry Roesli - Cas Cis Cus


Judul Album : Cas Cis Cus
Artis : Harry Roesli
Tahun Produksi : 1992
Music Director : Harry Roesli
Produser : Harry Roesli
Produksi : Hemagita Records
Distributor : Musica Studios

HARRY ROESLI dikenal sebagai sosok idealis dalam karya-karyanya. Lagu-lagu ciptaannya sarat dengan kritik sosial, memotret kondisi yang ada di sekelilingnya dengan lugas, tidak mengacu pada pakem pasar musik yang sedang digandrungi. Tidak heran, namanya menjulang di kalangan tertentu saja, karena album-albumnya memang jauh dari ukuran komersial. Meskipun begitu, ada beberapa albumnya yang berhasil menelorkan single hits, salahsatunya adalah album berjudul CAS CIS CUS ini. Album ini adalah kumpulan karya-karya Harry saat menggarap musik untuk film layar lebar dan pementasan teater, antara lain film PUTU WIJAYA berjudul CAS CIS CUS, juga drama karya N. RIANTIARNO bersama TEATER KOMA yang kondang di era 80an yaitu OPERA KECOA. Adapun lagu yang berhasil menjadi hits adalah sebuah lagu bernuansa etnik berjudul SEKUNTUM KEMBANG yang dinyanyikan oleh NETTA KD, diambil dari pagelaran OPERA KECOA. Lagu ini memang terdengar paling beda dari keseluruhan lagu di album ini, melodinya easy listening dan tidak terlalu teaterikal seperti yang lainnya, meskipun dengan lirik yang nakal dan tidak pasaran. Boleh jadi ini memang upaya komprominya dengan pasar, dan nyatanya Harry berhasil membuat komposisi yang bisa didengarkan masyarakat awam tanpa kehilangan bobot idealismenya.

Track List :

1. CAS CIS CUS
Harry Roesli & Putu Wijaya
feat. Netta KD
2. ANAK SETAN
Harry Roesli
feat. Clay Rama
3. SEKUNTUM KEMBANG
Harry Roesli & N. Riantiarno
feat. Netta KD
4. KODOK MARAH
Harry Roesli & N. Riantiarno
5. KINCIR ANGIN
Harry Roesli & N. Riantiarno
6. SEEKOR AYAM
Harry Roesli & N. Riantiarno
7. ANJING BERINGAS
Harry Roesli & N. Riantiarno
8. LALAT, WERENG, KECOA
Harry Roesli & N. Riantiarno
9. BERDUSTA
Harry Roesli
10. SEJUK DAN TEDUH
Harry Roesli & N. Riantiarno



SEKUNTUM KEMBANG

Sekuntum kembang
Semerbak oh wanginya
Main-main dalam angin
Ya angin.. oh ya angin
Menantang matahari
Gemerlap cahayanya
Gemerlap.. o ya sayang
Gemerlap cahayanya

Sekuntum kembang
Pahit oh nasibnya
Sejenak oh harumnya
Dicari kumbang-kumbang
Begitu dia layu
Layu langsung dibuang
Dibuang o ya sayang
Layu langsung dibuang

Kita ini sekuntum kembang
Hanya jadi penghias jambangan
Hanya jadi teman jam-jaman
Diputar siang malam

Kita ini sekuntum kembang
Yang hanya sesaat cinta si abang
Hanya ada bujuk rayu usang
Sudah puas lalu ditendang

Ooo.. sekuntum kembang
 

Ria Irawan - Hatiku Bagai Tertusuk Duri


Judul Album : Hatiku Bagai Tertusuk Duri
Artis : Ria Irawan
Tahun Produksi : 1996
Produksi : Music Plus
Distributor : Musica Studios

Sepeninggal NIKE ARDILLA, genre musik slow rock yang sudah mulai surut peminatnya tiba-tiba melesat lagi. Selain album-album lama Nike yang kemudian bermunculan lagi di pasar, penyanyi-penyanyi baru juga berlomba-lomba mengisi genre ini, tidak ketinggalan mereka yang sudah punya namapun mencoba merebut pasar, salahsatunya adalah RIA IRAWAN. Ria memang lebih dikenal di dunia akting, tapi sejak anak-anak sudah merilis album dan sempat juga mencuri perhatian saat merilis album-album pop dangdut, meskipun sempat terganjal isu lipsing. Sebagaimana banyak ciptaan DEDDY DORES saat itu yang berjudul bombastis dan mengandung kata 'hatiku', lagu untuk Ria juga berjudul cukup menghunjam : HATIKU BAGAI TERTUSUK DURI. Materi lagunya sebenarnya cukup 'menantang' untuk range vocal Ria yang tidak terlalu lebar, dan meskipun tidak sempurna, upayanya cukup berhasil menaklukkan lagu ini. Sambutan pasar juga lumayan. Lagu ini berhasil jadi hits ditengah gempuran lagu-lagu setipe yang banyak beredar. Album ini sebenarnya bukan album full Ria, karena hanya ada 2 lagu baru yang dinyanyikannya. Selebihnya adalah kompilasi hits dari NIKE ARDILLA, POPPY MERCURY, CONNY DIO, NAFA URBACH, DESY RATNASARI dan ELMA THEANA.

Track List :

1. HATIKU BAGAI TERTUSUK DURI
Deddy Dores
Ria Irawan
2. BUTIR BUTIR CINTA
Deddy Dores
Ria Irawan
3. HILANGKAN PRAHARA
Deddy Dores
Conny Dio
4. BELENGGU PINTU CINTA
Yuke NS
Conny Dio & Wisnu
5. BILA
Teddy Riadi
Nike Ardilla
6. BAGAI LILIN KECIL
Deddy Dores
Nafa Urbach
7. HUJAN
Deddy Dores
Yessy Gasela
8. JANGAN PISAHKAN
Dose Hudaya
Elma Theana
9. HANYA SANDIWARA
Donny SK
Desy Ratnasari
10. BETAPA SAYANG AKU PADAMU
Dadang S. Manaf
Poppy Mercury




HATIKU BAGAI TERTUSUK DURI

Terluka hatiku bagai tertusuk duri
Bunga yang kusimpan kini tiada lagi
Mengapa berjumpa kalau harus berpisah
Cinta yang kupendam hilang entah kemana

Aku bagai seorang musafir
Berkelana tiada arah
Tanpa cintamu lagi

Ingin kukejar cintamu
Ingin kupeluk dirimu
Namun ternyata sulit rasanya bertemu
Kini ku seorang diri
Hanya berteman lamunan
Mampukah aku hidup begini

Derita hidupku sering menyiksa diri
Inikah akhirnya, ku bagai layang-layang
 

Thursday, January 17, 2013

Ikang Fawzi - Isabella


Judul Album : Isabella
Artis : Ikang Fawzi
Tahun Produksi : 1989
Music Director : Ian Antono
Produser : Jackson Arief
Produksi : Jackson Records
Distributor : Broadway Records

Setelah sukses dengan album ketiganya PREMAN, dua tahun kemudian IKANG FAWZI kembali merilis album keempat atau album terakhirnya di JACKSON RECORDS. Masih berkolaborasi dengan IAN ANTONO sebagai music director, kali ini Ikang menjadikan nama anak pertamanya ISABELLA menjadi judul album. Album ini mengandalkan lagu KITA BEBAS (SUKA SUKA) sebagai single andalan. Lagu upbeat memang masih menjadi daya jual Ikang setelah RANDY & CINDY, AIR API dan PREMAN sukses, padahal lagu-lagu slow milik Ikang juga sebenarnya cukup sakti menembus pasar. Di album ini ada 2 lagu slow yang cukup kuat yaitu TEMBANG PERDAMAIAN dan ISABELLA. Sayangnya, tidak seperti album-album sebelumnya yang terbilang berhasil, album keempat Ikang ini ditanggapi biasa saja di pasaran. Lagu KITA BEBAS sempat menjadi radio hits tapi tidak seberhasil hits-hits terdahulu. Demikian juga lagu-lagu slow yang biasanya sukses menjadi second hits, di album ini tidak bisa berbuat banyak. Terlebih, disaat bersamaan ada grup Malaysia SEARCH yang juga merilis album disini dengan lagu andalan ISABELLA yang ternyata lebih mencuri perhatian, sehingga ISABELLA milik Ikang menjadi 'terlupakan'. 

Track List :

1. KITA BEBAS (SUKA SUKA)
Ikang Fawzi
2. TEMBANG PERDAMAIAN
Ikang Fawzi
3. TERBANGLAH TERBANG
Ian Antono & Ikang Fawzi
4. ISABELLA
Ikang Fawzi
5. KONYOL
Ikang Fawzi
6. DOSAKAH
Ikang Fawzi
7. RUMAH HAMPA
Oetje F. Tekol
8. DARA YANG HILANG
Ikang Fawzi
9. SANG JUARA
Donny
10. AKU MUAK (BOHONG)
Ikang Fawzi




KITA BEBAS (SUKA SUKA)

Kita bebas berkata
Kita bebas berkarya
Acungkan tangan tanda setuju
Kita bebas bernyanyi
Kita bebas berdansa
Suka-suka kalian

Bebaskan diriku
Dari belenggu kehidupan
Yang menyiksa aku
Jangan paksa aku
Kuingin menerjang segala
Bujukan dan rintangan
Biarlah diriku berjalan dengan kakiku
Dan kepalaku sendiri

Su su su suka-sukaku
Aku cukup tahu diri
Dan bertindak dengan dewasa
Su su su suka-sukaku
Aku bosan dengan semua
Yang berlagak sok tahu

Kita bebas bercanda
Kita bebas tertawa
 

Wednesday, January 16, 2013

Obbie Messakh - Cobalah Untuk Mengerti


Judul Album : Cobalah Untuk Mengerti
Artis Obbie Messakh
Tahun Produksi : 1992
Music Director : Obbie Messakh
Produser : Handoko Kusuma
Produksi : Harpa Records
Distributor : Metrotama Records

OBBIE MESSAKH adalah salahsatu hitsmaker yang merajai industri musik Indonesia di era 80an. Namanya melambung seiring suksesnya label JK RECORDS yang menaunginya. Ketika album-album produksi JK Records sudah mulai sepi peminat dan kontraknya di JK habis, Obbie mencoba untuk tetap eksis dengan merilis album di label lain, salahsatunya adalah album produksi HARPA RECORDS berjudul COBALAH UNTUK MENGERTI. Lagu andalan Cobalah Untuk Mengerti adalah lagu jawaban dari lagu HATI DAN CINTAMU yang melejit lewat suara RATIH PURWASIH. Memang, di era itu sangat lazim ketika sebuah lagu menjadi hits, maka akan dirilis lagu jawabannya dengan melodi sama tapi lirik berbeda. Saat Obbie sedang jaya, boleh jadi lagu semacam ini akan segera disambut oleh pasar, tapi saat album ini dirilis pasar musik sudah beralih, disko dangdut, pop kreatif dan slow rock sedang diatas angin. Jadi album inipun ditanggapi biasa saja di pasaran, gagal menangguk sukses seperti yang diharapkan. Selepas album ini Obbie masih terus mencoba eksis dan mencoba berbagai genre, dari pop dangdut sampai house music tapi tetap tidak mampu mengembalikan masa keemasannya. 

Track List :
(semua lagu cipt. Obbie Messakh kecuali track 4 bersama David Messakh)

1. COBALAH UNTUK MENGERTI
2. SURAT MERAH
3. TERSERAH KAMU
4. ARTI SEBUAH DUSTA
5. ADA SEBUAH NAMA
6. MEMORI
7. PERCAYALAH
8. HANYA KAMU
9. SAMPAI MATI




COBALAH UNTUK MENGERTI

Bukalah pintu rumahmu
Izinkan aku duduk bersamamu
Ada yang hendak kukatakan
Cobalah untuk mengerti

Bukankah lewat bunga
Cara yang pantas menyampaikan rasa
Yang ada disini, didalam hatiku ini

Cincin ini hanya pantas melingkar di jarimu
Hati dan cintaku ini
Hanya untuk dirimu

Mataku memang melihat
Tapi hatiku tak akan terpikat
Jangan dengar apa katanya
Yang ingin memisah kita

Percayalah hanya satu kau didalam hatiku
Hati dan cintaku ini
Hanya untuk dirimu

Siapa yang bilang dirimu bagai secawan anggur
Bila habis dalam gelasku
Dapat kutuang lagi
Siapa yang bilang dirimu bagai burung disana
Bila suka dapat kubeli
Sudah jemu kulepas

Rieta Amellia - November Yang Sendu


Judul Album : November Yang Sendu
Artis : Rieta Amellia
Tahun Produksi : 1983
Music Director : Pance Pondaag
Produser : A Kiat
Produksi : Union Artis
Distributor : Asia Records

RIETA AMELLIA dikenal sebagai penyanyi pop rock yang cukup berhasil saat merilis album AKU yang digarap DODO ZAKARIA. Kiprahnya sebagai personel DRAKHMA juga menegaskan pilihan jalur musiknya itu. Tapi sebenarnya, sebelum itu Rieta sempat merilis album pop garapan PANCE PONDAAG berjudul NOVEMBER YANG SENDU, yang tentu genre-nya beda dengan album AKU. Boleh jadi passion Rieta memang bukan di genre pop ala Pance, sehingga intepretasinya atas lagu-lagu di album ini terdengar tidak blend, beda ketika dia tampil dengan lagu AKU yang terdengar lepas dan penuh percaya diri. Materi lagu-lagu Pance seperti NOVEMBER YANG SENDU, HATI YANG KELABU atau TITIP SALAM UNTUKNYA sebenarnya cukup kuat kalau dinyanyikan oleh penyanyi yang pas. Terbukti, lagu HATI YANG KELABU kemudian melambung menjadi hits ketika dinyanyikan DIAN PIESESHA dengan berganti judul menjadi PERASAAN. Nama Rieta tidak terangkat di genre ini, baru di album AKU namanya menanjak. Setelah sukses dengan album AKU, album ini kemudian dirilis ulang dan berubah judulnya menjadi SALAM UNTUKNYA. Di album re-packaged itu lagu HATI YANG KELABU sudah berubah judul menjadi PERASAAN, tapi tetap tidak berhasil di pasaran.

Track List :

1. NOVEMBER YANG SENDU
Pance Pondaag
2. GADIS DESA
Pance Pondaag
3. HATI YANG KELABU
Pance Pondaag
4. TITIP SALAM UNTUKNYA
Pance Pondaag
5. HANYA SATU
Harnovi
6. DONCI REGGAE
Pance Pondaag
7. BERSAMAMU TERASA INDAH
Masary
8. RINDU
Boedi
9. GAPAILAH CINTAMU
Danny M.
10. KEINGINAN
Imam Kartolo




NOVEMBER YANG SENDU

Setahun sudah kini kita tak bertemu
Kau disana dan aku disini
Manisnya kemesraan yang masih membekas
Disaat-saat kita berdua

November di tahun yang lalu
Hati ini hanyut karena dirimu
November di tahun yang lalu
Awal mula rasa sayang bersemi

Masihkah di hatimu cintaku yang suci
Masihkah kau ingat kepadaku
Setahun sudah kini kau masih disana
Percayalah hatiku gelisah
 

Tuesday, January 15, 2013

Andy Liany - Misteri


Judul Album : Misteri
Artis : Andy Liany
Tahun Produksi : 1993
Music Director : Pay
Produser : Erwin Indrawan
Produksi : Win Records
Distributor : Atlantic Records

Setelah merilis single SATU CITA dan namanya mulai dikenal, ANDY LIANY akhirnya merilis album pertamanya dengan judul MISTERI. Album yang dikerjakannya bersama rombongan dari geng Potlot ini memang fenomenal. Tidak seperti single SATU CITA yang ditanggapi biasa saja di pasaran, single andalan album ini SANGGUPKAH dengan cepat mencuri perhatian dan disukai banyak orang. Lagunya memang catchy, dengan lirik yang lugas tapi tetap terdengar puitis dan terdengar pas dibawakan Andy. Dukungan PAY sebagai music director juga cukup besar, karena berhasil menjadikan lagu-lagu di album ini gampang didengar semua kalangan dengan kualitas yang tetap terjaga, Sederet hits muncul dari album ini setelah SANGGUPKAH, yaitu MASIH ADA, BUKAN ITU dan KATA CINTA, Andy pun digadang-gadang sebagai penyanyi rock bermasa depan cerah. Tapi takdir berkata lain, di puncak karirnya Andy justru harus menghentikan kiprahnya karena kecelakaan tragis yang merenggut nyawanya. Maka, album ini adalah masterpiece yang sempat dihasilkannya, mengingat album berikutnya tidak seberhasil album ini. Di era 2000an, Lagu SANGGUPKAH sempat dirilis ulang oleh INKA CHRISTIE.

Track List :

1. SANGGUPKAH
Pay, Andy Liany, Rustam
2. MASIH ADA
Pay, Andy Liany, Rustam, Bongky
3. NIRWANA
Pay, Andy Liany, Rustam
4. BUKAN ITU
Pay, Andy Liany, Rustam
5. KAMU HARUS DISELAMATKAN
Pay, Andy Liany, Agus Yulianto
6. KATA CINTA
Pay, Andy Liany, Rustam
7. MISTERI
Pay, Andy Liany, Ali Akbar
8. BROTHER JACK
Pay, Andy Liany, Rustam
9. BOLEH MA ?
Pay, Andy Liany, Rustam




SANGGUPKAH

Cukup sudah, manis..
Hentikan bicara
Tatap mataku, baca hatiku
Akan terjawab ketakutanmu
Percayalah, kau tak sendiri

Kalau kau ragu, tinggalkanlah aku
Pergilah, aku bisa mengerti
Tapi jangan paksa arahnya cinta
Karena keadaan dan perbedaan

Jalan masih panjang
Jangan ucap janji
Nikmatilah cintamu hari ini

Sanggupkah aku hidup bersama denganmu
Mungkinkah aku hidup
Tanpa ada dirimu
Hanya waktu yang bisa jawab semua itu
Sampai kapan aku tak tahu

Dengarkanlah manis, kita berbeda
Jangan dirubah biarkan saja
Nanti ada badai yang kan mengujinya
Kita hadapi, kita berbagi

Jalan masih panjang
Jangan ucap janji
Nikmatilah kasihmu hari ini
 

Indra Lesmana - Ayah


Judul Album : Ayah
Artis : Indra Lesmana
Tahun Produksi : 1994
Music Director : Indra Lesmana
Produser : Indra Lesmana
Produksi : Union Artis
Distributor : Metrotama Records

Sosok seorang ayah memang sangat berpengaruh bagi karir bermusik INDRA LESMANA. Demi mengembangkan bakat bermusik anaknya yang luar biasa, JACK LESMANA sang ayah sampai rela memindahkan keluarga dan meninggalkan karirnya di Indonesia untuk menemani Indra sekolah musik di Australia. Maka setelah Jack Lesmana wafat, Indra pun membuat album khusus sebagai tribute bagi sang ayah tercinta. Uniknya, Indra tidak menulis sendiri lagu khusus tentang ayahnya, melainkan menyanyikan lagu milik RINTO HARAHAP berjudul AYAH yang memang sudah menjadi all time hits. Pilihan ini memang mengejutkan karena materi lagu Ayah sebenarnya bukan jenis lagu-lagu yang biasa dinyanyikan Indra. Tapi tentu saja, dengan background Indra dan kepiawaiannya menggubah aransemen, Lagu yang sudah dicap sebagai lagu 'cengeng' itupun bermetamorfosa menjadi lagu yang 'sangat Indra'. Boleh jadi ini strategi pasar untuk menambah luas pendengar musiknya, tapi ini juga sekaligus membuktikan bahwa sebuah lagu hanyalah materi mentah yang bisa diolah menjadi apapun seperti yang diinginkan pengolahnya. Sayangnya, bila ini disebut sebagai album tribute sepertinya terkesan nanggung. Di album ini hanya ada 3 tracks yang ditujukan untuk almarhum JACK LESMANA. Selain lagu AYAH, Indra juga menyanyikan ulang lagu LUKA yang diciptakan kedua orangtuanya, serta sebuah komposisi instrumental berjudul R.I.P. Sementara sisa lainnya adalah kompilasi lagu-lagu hits Indra yang pernah dirilis di album-album sebelumnya.

Track List :

1. AYAH
Rinto Harahap
2. LUKA
Jack Lesmana & Nien Lesmana
3. BIARKAN AKU KEMBALI
Indra Lesmana & Mira Lesmana
4. JALAN HIDUPMU
Indra Lesmana & Sophia Latjuba
duet Sophia Latjuba
5. MASIH TERSISA
Indra Lesmana & Mira Lesmana
6. AKU INGIN
Indra Lesmana & Mira Lesmana
7. SYDNEY
Indra Lesmana & Mira Lesmana
8. R.I.P.
Indra Lesmana
9. NILAI HIDUP MANUSIA
Indra Lesmana & Irianti Erningpraja
10. CERITA LALU
Indra Lesmana & Irianti Erningpraja




AYAH

Dimana akan kucari
Aku menangis seorang diri
Hatiku ingin selalu bertemu
Untukmu aku bernyanyi

Untuk ayah tercinta
Aku ingin bernyanyi
Walau airmata di pipiku
Ayah, dengarkanlah
Aku ingin berjumpa
Walau hanya dalam mimpi

Lihatlah hari berganti
Namun tiada seindah dulu
Datanglah, aku ingin bertemu
Untukmu aku bernyanyi
 

Monday, January 14, 2013

Rinto Harahap - Kroncong Abadi


Judul Album : Kroncong Abadi
Artis : Rinto Harahap
Tahun Produksi : 1982
Produksi : Flower Sound
Distributor : Asia Records

RINTO HARAHAP adalah hitsmaker di era 80an. Lagu-lagunya banyak dinyanyikan penyanyi-penyanyi saat itu dan sebagian besar berhasil menjadi hits. Selain sebagai komposer, Rinto juga tampil sebagai penyanyi membawakan lagu-lagu hits ciptaannya yang biasanya sudah lebih dulu dibawakan penyanyi lain. Tapi bagaimana kalau Rinto tampil menyanyikan lagu-lagu keroncong ? jawabannya ada di album berjudul KRONCONG ABADI. Rinto tidak sedang menyanyikan lagu-lagu pop dalam irama keroncong, tapi benar-benar menyanyikan lagu-lagu keroncong dan langgam yang sebenarnya, dengan aransemen asli keroncong. Maka lagu-lagu seperti KERONCONG CIPTAAN LAMA, LANGGAM SAPU TANGAN, KERONCONG SUCI atau KOTA SOLO pun berusaha dibawakan Rinto dengan pakem keroncong, meskipun materi vokal Rinto yang ngepop tidak bisa disembunyikan. Jadinya memang seperti lagu keroncong yang dibawakan vokal pop. Apapun, album ini bisa dijadikan alternatif bagi penggemar Rinto yang ingin mendengar penampilan vokal Rinto yang lain dari biasanya. Album ini sebenarnya merupakan album Rinto bersama dengan BENNY PANJAITAN yang juga menyanyikan lagu-lagu keroncong di Side B. Entah mengapa nama Benny tidak ditampilkan di cover depan album, padahal intepretasinya membawakan lagu keroncong sebenarnya lebih bagus dari Rinto.

Track List :
(track 1-5 Rinto Harahap, track 6-11 Benny Panjaitan)

1. KERONCONG CIPTAAN LAMA
Budiman BJ
2. LANGGAM SAPU TANGAN
Gesang
3. KERONCONG SUCI
Ismail Marzuki
4. KOTA SOLO
Samsidi
5. ARYATI
Ismail Marzuki
6. KERONCONG SWADESI
Marjokahar
7. ANJU AHU
S. Dis
8. KERONCONG MELATI
NN
9. TAMAN BUNGA
NN
10. MEKAR DAN LAYU
NN
11. AKHIR CINTA
Benny Panjaitan




KERONCONG CIPTAAN LAMA

Biar sampai kapan nanti
Keroncong lagunya tetap berkesan di hati

Ahai, lagu ini kunyanyikan sebagai kenangan
Kenangan jaman indung sayang

Lagu ini ciptaan lama sejak dulu kala
Lagu keroncong asli kan abadi
 

Louise Hutauruk - Balada Seorang Dara


Judul Album : Balada Seorang Dara
Artis : Loise Hutauruk
Tahun Produksi : 1978
Music Director : Rafnex
Produksi : Nana Record

LOUISE HUTAURUK mencuat namanya ketika beberapa kali menyanyikan lagu-lagu finalis LOMBA CIPTA LAGU REMAJA (LCLR) seperti KHARISMA INDONESIA dan DAMAI BERLUMUR NODA, atau ketika dia menyanyikan lagu ciptaan GURUH SOEKARNO PUTRA dalam album pegelaran UNTUKMU INDONESIAKU lewat lagu HALLO JAKARTA. Sayangnya, Louise sepertinya kurang beruntung ketika merilis album solo, seperti saat merilis album berjudul BALADA SEORANG DARA ini. Secara materi, lagu-lagu di album ini sepertinya memang tidak merepresentasikan musikalitas Louise secara utuh, berbeda dengan tantangan yang harus dijalaninya ketika menyanyikan lagu-lagu 'sulit' di ajang LCLR. Vokal Louise di album ini menjadi terdengar 'biasa' karena lagu yang tidak memberikan tantangan itu, atau boleh jadi memang disengaja untuk kepentingan pasar. Yang terdengar lumayan adalah lagu BALADA SEORANG DARA yang menjadi judul album. Uniknya, album ini menampilkan suara penyiar TVRI MARIANA RAMELAN yang menjadi pengantar dari lagu ke lagu, sebuah hal yang sepertinya lazim di masa lalu tapi menjadi aneh bila didengarkan saat ini. Side B album ini menampilkan lagu-lagu dari VICTOR BERNARDUS.

Track List :
(track 1-10 Louise Hutauruk, track 11-18 Victor Bernardus)

1. COBA SEKALI LAGI
Ireng K & Ramli
2. BALADA SEORANG DARA
Ireng K.
3. MENYANYI
Boetje
4. ENGKAU BUKAN MILIKKU
Victor Bernardus
5. ALAM DAMAI
Herbert H.
6. GEMBIRA
Ireng K.
7. HADIAH ULANG TAHUN
Sam Sufran
8. USAH KAU DATANG LAGI
Ireng K.
9. SELAMAT TINGGAL
Sam Sufran
10. TAK PERDULI LAGI
Sam Sufran
11. MELATI KELABU
Victor Bernardus
12. DARA DIRIUNG GUNUNG
Boetje
13. KEMELUT
Ireng K.
14. HANYA KAU
Ireng K.
15. AKU SENDIRI LAGI
Victor Bernardus
16. GAUN PENGANTIN HITAM
Victor Bernardus
17. KATA HATIMU
Ireng K.
18. LAGU DAN PENCIPTA
Victor Bernardus




BALADA SEORANG DARA

Habis hujan gerimis
Dikala bulan merah
Angin pelan berhembus
Membawa cerita
Tentang kesedihan seorang anak dara

Yang menanggung derita
Dan duka nestapa
Kepergian kasihnya
Yang meninggalkan bekas
Setitik noda hitam pada dirinya

Sedih, memang sedih
Pilu, lebih pilu
Tiada lagi yang datang menghibur
Hatinya yang telah luka